Joe Biden Tolak Debat dengan Donald Trump jika Masih Positif Covid-19

Anton Suhartono ยท Rabu, 07 Oktober 2020 - 08:25 WIB
Joe Biden Tolak Debat dengan Donald Trump jika Masih Positif Covid-19

Joe Biden (Foto: AFP)

HAGERSTOWN, iNews.id - Calon presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menolak debat putaran kedua dengan Donald Trump jika masih positif Covid-19. Debat selanjutnya akan digelar pada 15 Oktober.

Biden mengaku keputusannya itu dibuat semata-mata untuk mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

"Saya tidak sabar untuk berdebat dengannya, tapi saya hanya berharap semua mengikuti protokol," kata Biden, dikutip dari AFP, Rabu (7/10/2020).

Menurut dia, protokol kesehatan mengamanatkan tidak boleh menjalin kontak dengan orang positif Covid-19. Pedoman Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS menyebutkan, seseorang yang dites positif virus corona dan mengalami gejala ringan harus menjalani isolasi setidaknya 10 hari. Sementara bagi mereka yang mengalami sakit parah, harus diisolasi hingga 20 hari.

"Jika dia masih memiliki Covid, kami tidak boleh berdebat. Ini masalah sangat serius, jadi saya dipandu oleh apa yang dikatakan para dokter sebagai hal yang benar untuk dilakukan," tutur pria 77 tahun itu.

Donald Trump mengumumkan dirinya terinfeksi virus corona pada Jumat pekan lalu. Di hari yang sama, pria 74 tahun itu dibawa ke rumah sakit militer nasional Walter Reed karena kondisinya menurun.

Namun pada Senin (6/10/2020) sore, dia keluar dari rumah sakit dan kembali ke Gedung Putih untuk menjalani karantina lanjutan. Trump mengaku kondisinya baik, bahkan siap melanjutkan kampanye pilpres AS.

Trump mengindikasikan tidak akan mundur dari debat berikut karena faktor kesehatan. Dalam cuitan, Trump mengungkap akan menantikan debat berikutnya.

Editor : Anton Suhartono