Junta Myanmar Eksekusi Mati 4 Aktivis, Malaysia: Menghina Kesepakatan Damai ASEAN!

Ahmad Islamy Jamil ยท Selasa, 26 Juli 2022 - 17:11:00 WIB
Junta Myanmar Eksekusi Mati 4 Aktivis, Malaysia: Menghina Kesepakatan Damai ASEAN!
Menteri Luar Negeri Malaysia, Saifuddin Abdullah. (Foto: Reuters)

KUALA LUMPUR, iNews.idMalaysia mengutuk junta Myanmar karena melakukan eksekusi mati terhadap empat aktivis prodemokrasi. Pemerintah negeri jiran menyebut tindakan tersebut sebagai kejahatan terhadap kemanusiaan. 

Tak hanya itu, Malaysia juga melihat langkah junta Myanmar itu bentuk penghinaan terhadap kesepakatan damai yang dipimpin Asia Tenggara.

Militer Myanmar merebut kekuasaan dari pemimpin sipil Aung San Suu Kyi lewat kudeta pada 1 Februari tahun lalu. Kemarin, mereka mengonfirmasi eksekusi mati pertama yang dilakukan di negara itu dalam beberapa dasawarsa terakhir.

Junta militer menuduh para aktivis itu membantu “aksi teror” yang dilancarkan rakyat lewat gerakan perlawanan sipil.

Menteri Luar Negeri Malaysia, Saifuddin Abdullah, mempertanyakan waktu pelakasanaan eksekusi mati itu—yang terjadi seminggu sebelum pertemuan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

ASEAN pun telah mendorong Myanmar untuk mematuhi rencana perdamaian lima poin yang disepakati tahun lalu.

“Kami melihat (eksekusi) seolah-olah junta mengolok-olok konsensus (kesepakatan perdamaian) lima poin, dan saya pikir kami benar-benar harus melihat ini dengan sangat, sangat serius,” kata Saifuddin dalam konferensi pers, Selasa (26/7/2022).

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda