Kampus di India Buka Kelas Mempelajari Hantu untuk Dokter, Buat Apa?

Anton Suhartono ยท Selasa, 31 Desember 2019 - 06:15 WIB
Kampus di India Buka Kelas Mempelajari Hantu untuk Dokter, Buat Apa?

Kampus di India buka kelas mempelajari hantu untuk para dokter (Foto: AFP)

NEW DELHI, iNews.id - Umumnya dunia supranatural dipelajari di luar lingkup pendidikan formal. Di India ada kampus yang membuka kelas mendalami dunia gaib, namun untuk tujuan pengobatan.

Kelas Bhoot Vidya atau ilmu sains paranormal dibuka di Universitas Hindu Banaras (BHU). Kampus itu memulai kelas sertifikasi tersebut selama 6 bulan.

Bhoot Vidya pada dasarnya merupakan kelas pemgobatan di mana para peserta akan diajarkan mengobati gangguan psikosomatik dan kondisi psikologis abnormal yang disebabkan oleh alasan tidak diketahui. Masyarakat India percaya bahwa penyakit itu disebabkan oleh Bhoot atau hantu.

Kelas pertama akan dimulai oleh Fakultas Ayurveda pada Januari 2020. Namun hanya peserta pemegang gelar sarjana kedokteran tertentu saja yang bisa mengikuti kelas ini.

Obat untuk gangguan psikosomatis dan penyakit disebabkan hantu akan diajarkan kepada dokter pemegang gelar Sarjana Kedokteran dan Bedah Ayurvedic (BAMS) serta Sarjana Kedokteran dan Sarjana Bedah (MBBS).

Menurut Dekan Fakultas Ayurveda, Yamini Bhushan Tripathi, pihaknya membuat unit terpisan untuk mengadakan kelas Bhoot Vidya dengan tujuan memberikan pendidikan formal kepada dokter seputar dunia gaib untuk pengobatan.

"Ini berkaitan dengan pengobatan Ayurvedic untuk mengobati penyakit terkait hantu dan gangguan psikosomatik," kata Yamini, dikutip dari KT, Senin (30/12/2019).

Menurut dia, Bhoot Vidya merupakan satu dari delapan cabang dasar dari Ashtanga Ayurveda. Ini berkaitan dengan gangguan psikosomatis, penyakit yang disebabkan oleh alasan tidak diketahui dan penyakit pikiran atau kondisi psikis.

Fakultas Ayurveda BHU merupakan yang pertama di India yang membuat unit terpisah Bhoot Vidyaa.

Editor : Anton Suhartono