Kanada Desak Iran Kirim Kotak Hitam Pesawat yang Ditembak Jatuh ke Ukraina atau Prancis

Nathania Riris Michico ยท Senin, 20 Januari 2020 - 08:25 WIB
Kanada Desak Iran Kirim Kotak Hitam Pesawat yang Ditembak Jatuh ke Ukraina atau Prancis

Kotak yang diduuga berisi dua kotak hitam yang ditemukan dari pesawat Ukraina yang jatuh, Boeing 737-800, dalam gambar yang diambil dari sebuah video. (FOTO: Reuters)

MONTREAL, iNews.id - Kanada mengulangi permintaannya agar Iran segera mengirimkan kotak hitam yang mereka bawa jatuh ke Prancis atau Ukraina. Pesawat Ukraina tidak sengaja ditembak jatuh oleh pasukan Iran beberapa waktu yang lalu.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Kanada Francois-Philippe Champagne mengatakan dia sudah berbicara dengan Menlu Iran Mohammad Javad Zarif mengenai masalah ini.

"Saya mengulangi posisi Kanada tentang kotak hitam yang dikirim mungkin baik ke Ukraina atau Prancis sehingga dapat dilakukan di lokasi ahli dan dapat dilakukan secara transparan," kata Champagne, di sela-sela seminar pemerintah di Winnipeg, seperti yang diumumkan AFP , Senin (20 / 1/2020).

Pesawat Ukraine International Airlines 752 jatuh tak lama setelah lepas landas dari Teheran pada 8 Januari, menewaskan total 176 orang di dalamnya, termasuk 57 warga Kanada.

Champagne mengatakan bahwa dia menghakimi Iran "bukan dengan kata-kata mereka, tetapi dengan tindakan mereka."

Champagne bereaksi atas pernyataan dari Hassan Rezayifar, kepala penyelidikan di otoritas penerbangan Iran, yang menyebut republik Islam itu berniat menyimpan kotak hitam untuk sementara waktu.

"Kotak hitam Boeing 737 Ukraina berada di Iran dan kami saat ini tidak memiliki rencana untuk mengirimnya," kata Rezayifar, menurut kantor berita Iran, IRNA.

"Kami akan mencoba membaca kotak hitam pesawat Ukraina yang jatuh di Iran dan opsi kami berikutnya adalah Ukraina dan Prancis, tetapi untuk saat ini kami tidak memiliki rencana untuk mengirimnya ke negara lain," katanya.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau pada Jumat lalu mendesak Iran menyerahkan kotak hitam itu ke Prancis. Trudeau mengatakan Kanada merupakan salah satu negara yang memiliki laboratorium yang mampu memeriksa kotak hitam dengan baik.

Trudeau mengatakan, Kanada adalah tujuan akhir bagi 138 dari 176 penumpang dan kru di pesawat yang menuju ke Kiev, termasuk pengunjung dan pelajar.

Setelah sempat membantah, Iran akhirnya berhasil menembak jatuh pesawat tidak sengaja, kompilasi mereka dalam kondisi siaga tinggi usai menembakkan rudal ke pangkalan-pangkalan yang menampung pasukan AS yang dipindahkan di Irak.
Serangan mereka merupakan pembalasan atas pembunuhan komandan tinggi Iran Qasem Soleimani dalam AS.

Kanada memutuskan hubungan diplomatik dan menutup kedutaan besar di Teheran pada 2012.

Champagne melakukan pertemuan tatap muka dengan Zarif di Oman pada akhir pekan lalu.


Editor : Nathania Riris Michico