Kapal Pengangkut Imigran Gelap Kandas di California, 3 Tewas Puluhan Lainnya Luka-Luka

Ahmad Islamy Jamil ยท Senin, 03 Mei 2021 - 08:03:00 WIB
Kapal Pengangkut Imigran Gelap Kandas di California, 3 Tewas Puluhan Lainnya Luka-Luka
Puing-puing kapal pengangkut imigran gelap yang kandas di Point Loma, California, AS. (Foto: Dinas Penyelamat Kebakaran San Diego)

SAN DIEGO, iNews.id – Sebuah kapal pengangkut imigran gelap kandas di pantai barat AS, tepatnya di dekat Monumen Nasional Cabrillo di Point Loma, California, Minggu (2/5/2021). Akibat insiden itu, tiga orang tewas dan 24 lainnya luka-luka. 

Dinas Penyelamat Kebakaran Kota San Diego menyatakan, panggilan darurat pertama masuk sebelum pukul 10 pagi waktu setempat (pukul 01.00 Senin WIB). Karena besarnya insiden, operasi penyelamatan melibatkan banyak pihak, termasuk Penjaga Pantai AS serta lembaga-lembaga terkait di tingkat Negara Bagian California maupun daerah setempat.

“Saat kapal penyelamat tiba di lokasi, petugas menemukan kapal setinggi 12 meter itu telah hancur berkeping-keping dihantam ombak,” kata petugas dari Dinas Penyelamat Kebakaran San Diego, Rick Romero, dikutip Reuters, Senin (3/5/2021).

Beberapa orang berhasil ditarik dari air. Sementara itu, sejumlah lainnya membutuhkan upaya penyelamatan nyawa di pantai. Menurut pantauan petugas berwenang, ada sekitar 30 orang di kapal itu dalam kondisi sangat padat tanpa peralatan keselamatan yang memadai.

“Dugaan sementara kami, ini adalah kapal penyelundup yang digunakan untuk menyelundupkan migran ke Amerika Serikat secara ilegal,” kata seorang agen Patroli Perbatasan AS, Jeff Stephenson.

Menurut dia, kewarganegaraan para penumpang kapal kandas itu belum diketahui. Namun, nakhodanya telah ditahan dan diperiksa penyidik.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2