Kapal Penjaga Pantai Filipina dan China Nyaris Tabrakan, Manila Kirim Protes Diplomatik

Anton Suhartono ยท Selasa, 29 Maret 2022 - 21:31:00 WIB
Kapal Penjaga Pantai Filipina dan China Nyaris Tabrakan, Manila Kirim Protes Diplomatik
Filipina mengirim protes diplomatik ke China terkait manuver kapal Penjaga Pantai China yang nyaris menabrak kapal Penjaga Pantai negaranya (Foto: Reuters)

MANILA, iNews.id - Filipina mengajukan protes diplomatik ke China terkait insiden di perairan sengketa di Laut China Selatan (LCS), Karang Scarborough, pada Minggu (27/3/2022). Kapal Penjaga Pantai China melakukan manuver yang membahayakan kapal Penjaga Pantai Filipina.

Penasihat Keamanan Nasional Filipina Hermogenes Esperon mengatakan, manuver dilakukan dalam jarak terlalu dekat yang bisa memicu tabrakan.

"Mungkin ada penyangkalan, tapi kami sebagai sebuah bangsa, akan kokoh dengan hak kedaulatan kami yang telah ditetapkan atas wilayah tersebut," kata Esperon, dkutip dari Reuters, Selasa (29/3/2022).

"Kami sudah mengatakan itu adalah bagian dari wilayah kami," ujarnya, merujuk pada wilayah gugusan karang dan pulau tempat insiden terjadi.

Penjaga Pantai Filipina pada Minggu mengungkap, manuver jarak dekat itu melanggar peraturan internasional soal kecelakaan laut. Ini merupakan insiden keempat dalam 10 bulan. 

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda