Kapal Perang Terbesar Iran Tenggelam Setelah Terbakar, Penyebab Masih Misterius

Anton Suhartono ยท Rabu, 02 Juni 2021 - 14:10:00 WIB
Kapal Perang Terbesar Iran Tenggelam Setelah Terbakar, Penyebab Masih Misterius
Kapal perang Iran secara tak sengaja menembak armada lain dengan rudal saat latiha perang pada 2020 (Foto: Reuters)

DUBAI, iNews.id - Kapal perang Angkatan Laut Iran tenggelam setelah terbakar di Teluk Oman. Seluruh kru selamat dan dievakuasi sebelum api melalap seluruh bagian kapal.

Kantor berita Fars melaporkan, upaya untuk menyelamatkan kapal perang terbesar Iran itu gagal.

Operasi pemadaman api yang dilakukan kapal pendukung tak berhasil menjinakkan api yang telanjur besar. Lokasi kebakaran berada di dekat pelabuhan Jask di mulut perairan Teluk.

Kapal terbakar saat menjalankan misi latihan perang bersama armada lain, sebut Fars, seperti dilaporkan kembali Reuters.

Tidak disebutkan penyebab kebakaran sehingga insiden ini masih menjadi misteri.

Pada April lalu, Iran mengungkap kapal kargo yang digunakan untuk kepentingan militer, Saviz, menjadi target serangan saat berlayar di Laut Merah. Saviz diserang menggunakan ranjau limpet, meskipun tak sampau membuat kapal tenggelam.

Peristiwa lain pada tahun lalu, kapal perang Iran secara tidak sengaja menembakkan rudal mengenai armada lain saat latihan, menewaskan 19 personel Angkatan Laut dan melukai 15 lainnya.

Insiden itu terjadi saat latihan perang di Teluk Oman, jalur perairan sensitif yang menghubungkan Selat Hormuz. Iran rutin menggelar latihan di perairan tersebut.

Editor : Anton Suhartono