Kapsul Luar Angkasa Bawa Batu Alien Ditemukan di Australia

Arif Budiwinarto ยท Minggu, 06 Desember 2020 - 07:56:00 WIB
Kapsul Luar Angkasa Bawa Batu Alien Ditemukan di Australia
Kapsul JAXA yang membawa bebatuan dari Asteroid Ryugu mendarat di Australia (Foto: AFP)

COOBER PEDY, iNews.id - Tim pemulihan di Australia telah menemukan kapsul luar angkasa yang membawa batu-batuan pertama dari asteroid. Pencapaian ini diharapkan akan mengungkap sejarah pembentukan tata surya. 

Kapsul luar angkasa berisi batuan 'alien' itu ditemukan di wilayah Woomera di Australia Selatan, Sabtu (4/12/2020). Wahana tersebut membawa sampel batuan yang berasal dari Asteroid Ryugu yang telah dikumpulkan oleh pesawat luar angkasa Jepang bernama Hayabusa-2 selama lebih dari setahun menyelidiki objek tersebut. 

Akun Twitter resmi Hayabusa-2 melaporkan, kapsul tersebut telah terlepas dari Hayabusa-2 kemudian memasuki atmosfer bumi dengan kecepatan 11 km/detik. Kapsul dan parasutnya telah ditemukan pada pukul 19:47 malam waktu setempat. 

Beberapa orang di wilayah Coober Pedy, Australia, mengaku melihat lesatan bola api menyilaukan di langit. Diduga benda tersebut merupakan momen saat kapsul masuk ke atmosfer bumi. 

Misi memecahkan teka-teki pembentukan tata surya

Setelah lokasi pendaratan kapsul ditemukan, tim pemulihan mengambil tindakan cepat dengan memindahkannya ke fasilitas pemindaian cepat sebelum diterbangkan ke Jepang. 

Editor : Arif Budiwinarto