Kasus Cacar Monyet Terus Menyebar di Eropa, Kini Juga Menginfeksi Penduduk Belgia

Ahmad Islamy Jamil ยท Jumat, 20 Mei 2022 - 21:37:00 WIB
Kasus Cacar Monyet Terus Menyebar di Eropa, Kini Juga Menginfeksi Penduduk Belgia
Penampakan tangan pasien yang terserang cacar monyet. (Foto: WHO)

BRUSSELS, iNews.id – Kasus cacar monyet terus menyebar di kalangan penduduk Eropa. Saat ini, virus langka tersebut juga menginfeksi penduduk di Belgia.

Hasil uji laboratorium terbaru mengonfirmasi dua kasus cacar monyet di negara itu.

“Kasus kedua virus monkeypox pada seorang pria dari provinsi Flemish Brabant didiagnosis di laboratorium kami kemarin,” ungkap profesor virologi di Universitas Katolik Leuven Belgia, Marc Van Ranst, lewat Twitter, Jumat (20/5/2022).

Adapun kasus pertama cacar monyet di Belgia didiagnosis pada penduduk Kota Antwerpen. Kedua kasus tersebut diduga saling berkaitan, karena kedua pasien yang terinfeksi diketahui menghadiri acara yang sama baru-baru ini.

Otoritas federal Belgia akan mengadakan konsultasi tentang situasi epidemiologis temuan kasus virus langka itu. Pada saat yang sama, Institute of Tropical Medicine di Antwerp menilai risiko wabah cacar monyet terbilang rendah.

Prancis melaporkan kasus pertama dugaan cacar monyet pada Kamis (19/5/2022). Kementerian Kesehatan setempat lalu mengonfirmasi pada hari ini bahwa kasus itu ternyata memang cacar monyet.

“Kasus pertama virus monkeypox dikonfirmasi pada 19 Mei di wilayah Ile-de-France,” ungkap Kemenkes Prancis.

Pasien adalah seorang pria berusia 29 tahun tanpa riwayat perjalanan ke luar negeri baru-baru ini. Dia telah mengasingkan diri di rumahnya di Paris, tanpa komplikasi serius, menurut kementerian itu.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: