Kasus Covid Global Melonjak Lagi, WHO: Pandemi Tak Akan Selesai Akhir 2021

Ahmad Islamy Jamil ยท Selasa, 02 Maret 2021 - 08:10:00 WIB
Kasus Covid Global Melonjak Lagi, WHO: Pandemi Tak Akan Selesai Akhir 2021
Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus. (Foto: AFP)

JENEWA, iNews.id – Jumlah lonjakan kasus infeksi virus corona yang dilaporkan secara global kembali meningkat untuk pertama kalinya dalam tujuh minggu. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun menilai mustahil pandemi Covid-19 dapat selesai pada akhir tahun ini.

“Dalam sepekan terakhir, jumlah kasus Covid-19 yang dilaporkan meningkat untuk pertama kalinya dalam 7 minggu,” kata Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, dikutip Alarabiyah, Senin (1/3/2021) malam. 

“Kasus yang dilaporkan meningkat di empat dari enam wilayah WHO yaitu Amerika, Eropa, Asia Tenggara, dan Mediterania Timur. Ini mengecewakan, tetapi tidak mengherankan,” ungkapnya.

Sementara, Direktur Kedaruratan WHO Michael Ryan mengatakan, tidak realistis untuk berpikir bahwa pandemi bakal berakhir pada akhir tahun ini.

“Anggapan semacam itu sangat prematur. Saya pikir tidak realistis untuk berpikir bahwa kita akan memberantas virus ini pada akhir tahun ini,” kata Ryan kepada wartawan. 

“Tapi saya pikir apa yang bisa kita tangani, jika kita cerdas, adalah (menurunkan jumlah) rawat inap, kematian, dan tragedi yang terkait dengan pandemi ini,” ucapnya.

Tedros mengingatkan semua negara bahwa vaksin saja tidak dapat melindungi orang dari infeksi Covid. Dia juga menekankan pentingnya tindakan pencegahan atau protokol kesehatan sebagai dasar dari upaya membendung wabah corona.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2