Kasus Covid Melonjak, Jepang Pertimbangkan Deklarasi Keadaan Darurat untuk Tokyo Raya

Ahmad Islamy Jamil ยท Senin, 04 Januari 2021 - 11:01:00 WIB
Kasus Covid Melonjak, Jepang Pertimbangkan Deklarasi Keadaan Darurat untuk Tokyo Raya
Perdana Menteri Jepang, Yoshihide Suga. (Foto: Reuters)

TOKYO, iNews.id – Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga menyatakan pemerintahannya akan mempertimbangkan untuk mengumumkan keadaan darurat untuk wilayah metropolitan Tokyo Raya. Ini menyusul peningkatan kejadian infeksi Covid-19 yang kian membebani sistem medis negara itu.

Jepang mencatat rekor harian 4.520 kasus baru Covid pada Kamis (31/12/2020) lalu dalam gelombang baru wabah virus corona. Hal itu mendorong pemerintah daerah di Ibu Kota Tokyo dan tiga prefektur tetangganya meminta deklarasi darurat dari pemerintah pusat. Keempat wilayah itu menyumbang lebih dari setengah kasus infeksi Covid secara nasional pada Minggu (3/1/2021) kemarin.

Akan tetapi, PM Suga menolak seruan dari sejumlah pemerintah daerah tersebut. Dia khawatir, deklarasi darurat bakal menimbulkan potensi kerusakan ekonomi di Jepang.

Sebagai tindakan sementara, restoran dan tempat-tempat karaoke di kawasan Tokyo diminta tutup pada pukul 08.00 malam—lebih cepat dari biasanya yang tutup pada jam 10.00 malam. Sementara, toko-toko atau kafe yang menyajikan minuman beralkohol sudah harus tutup pada pukul 07.00 malam.

“Bahkan selama tiga hari libur Tahun Baru, kasus (infeksi Covid) tidak turun di wilayah Tokyo Raya. Kami merasa bahwa pesan yang lebih kuat diperlukan (untuk mengatasi ini),” kata Suga dikutip Reuters, Senin (4/1/2021).

Menurut dia, mempersingkat jam kerja untuk restoran-restoran terbukti mampu membantu membendung peningkatan kasus infeksi Covid di beberapa daerah, termasuk Osaka dan Hokkaido.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2