Kasus Covid Melonjak, Malaysia Larang Perjalanan Antarwilayah mulai Senin 10 Mei

Anton Suhartono ยท Minggu, 09 Mei 2021 - 14:17:00 WIB
Kasus Covid Melonjak, Malaysia Larang Perjalanan Antarwilayah mulai Senin 10 Mei
Malaysia memberlakukan perjalanan antarnegara bagian dan distrik mulai 10 Mei untuk mencegah penyebaran Covid-19 (Foto: Reuters)

KUALA LUMPUR, iNews.id - Malaysia bakal melarang perjalanan antarnegara bagian dan distrik mulai Senin (10/5/2021), sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19. Larangan berlaku selama 4 pekan atau hingga 6 Juni.

Menteri Pertahanan Ismail Sabri Yakoob mengatakan, aturan ini berlaku di semua negara bagian, meliputi wilayah yang memberlakukan pembatasan perintah kontrol pergerakan (MCO), baik level pemulihan, bersyarat, atau lanjutan.

Selama larangan perjalanan ini, berbagai aktivitas yang mengumpulkan orang banyak juga dilarang.

“Di antara aktivitas yang dilarang meliputi kegiatan sosial seperti pesta pernikahan, hiburan, dan lain-lain, serta kegiatan pendidikan dan ekonomi melibatkan pertemuan masyarakat dan keramaian,” kata Ismail Sabri, dikutip dari Channel News Asia, Minggu (9/5/2021).

Acara tatap muka resmi, baik di sektor publik atau swasta, juga tidak diizinkan.

Pembatasan ini, lanjut dia, akan ditinjau setiap 2 pekan.

Aturan ini diterapkan saat Malaysia mengalami lonjakan kasus Covid-19. Beberapa negara bagian lebih dulu menerapkan pembatasan yang ketat. Hingga Sabtu, Malaysia melaporkan 436.944 kasus infeksi virus corona dengan 1.657 korban meninggal.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2