Kasus Covid Melonjak, Singapura Terapkan Pembatasan Ketat mulai 16 Mei

Anton Suhartono · Jumat, 14 Mei 2021 - 13:12:00 WIB
 Kasus Covid Melonjak, Singapura Terapkan Pembatasan Ketat mulai 16 Mei
Singapura kembali menerapkan pembatasan ketat untuk mencegah penyebaran Covid-19 (Foto: Reuters)

SINGAPURA, iNews.id - Singapura akan memberlakukan kembali pembatasan ketat mulai Minggu (16/5/2021) hingga 13 Juni terkait lonjakan kasus baru Covid-19 melibatkan beberapa klaster. 

Kementerian Kesehatan Singapura, seperti dikutip dari The Straits Times, Jumat (14/5/2021), menyatakan selama pembatasan ini warga tak diperbolehkan makan atau minum di restoran dan kafe melainkan hanya takeaway. Ini bisa mengurangi potensi penularan klaster restoran akibat pengunjung tak mengenakan masker dalam waktu lama di dalam ruangan.

Aturan lain, setiap rumah tangga tidak boleh menerima lebih dari dua kali kunjungan tamu setiap hari.

Bekerja dari rumah juga akan menjadi standar yang diterapkan kepada karyawan. Pengusaha harus mengizinkan karyawan mereka diberi kebebasan beraktivitas dari rumah.

Aktivitas lain yang tidak diizinkan termasuk gym, olahraga berat di dalam ruangan, serta layanan seperti perawatan wajah yang mengharuskan pelanggan melepas masker.

Menyanyi dan memainkan alat musik tiup juga tidak diperbolehkan.

Menteri Pendidikan yang juga kepada satuan tugas Covid-19 Lawrence Wong mengatakan, pengetatan ini diperlukan karena banyak masyarakat mengunjungi Bandara Changi dalam beberapa pekan terakhir, beberapa di antara mereka dinyatakan terinfeksi virus corona. Ada kekhawatiran ada kasus tanpa gejala yang lolos ke masyarakat.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2