Kasus Virus Korona di Korsel Melonjak Jadi 1.595, China Laporkan Angka Kematian Terendah

Anton Suhartono ยท Kamis, 27 Februari 2020 - 09:30:00 WIB
Kasus Virus Korona di Korsel Melonjak Jadi 1.595, China Laporkan Angka Kematian Terendah
Kasus virus korona di Korsel melonjak jadi 1.595 hingga 27 Februari 2020 (Foto: AFP)

SEOUL, iNews.id - Korea Selatan (Korsel) melaporkan penambahan 334 kasus virus korona atau Covid-19 pada Kamis (27/2/2020), sehingga totalnya menjadi 1.595.

Meski demikian, Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Korsel (KDCD), seperti dikutip dari AFP, menyatakan, tak ada penambahan kasus kematian, yakni tetap 12 orang sebagaimana dilaporkan hingga Rabu.

Jumlah kasus virus korona di Korsel melonjak drastis dan menjadi yang terbesar kedua setelah China.

Sekitar 90 persen kasus virus korona di Negeri Gingseng itu terkait dengan Shincheonji Church of Jesus di Kota Daegu. Kasus ini bermula dari seorang jemaat perempuan 61 tahun yang dinyatakan positif terinfeksi pada Selasa pekan lalu. Dia sempat mengeluh demam pada 10 Februari namun tak mau menjalani tes virus korona dengan alasan tak pernah berpergian keluar negeri serta berinteraksi dengan orang yang terpapar.

Sebelum dinyakan positif, perempuan itu menghadiri setidaknya empat kali acara gereja serta acara lainnya seperti pernikahan, sehingga menularkan virus ke orang lain.

Sementara itu Komisi Kesehatan Nasional China melaporkan penambahan jumlah kasus kematian harian terendah sejak sebulan terakhir yakni 29 pada Kamis. Dengan demikian, jumlah korban meninggal sampai saat ini adalah 2.744 orang.

Komisi juga melaporkan 433 kasus terbaru, sebanyak 24 di antaranya berada di luar Provinsi Hubei pusat epidemi virus korona. Dengan demikian jumlah kasus virus korona di China mencapai hampir 78.500, terhitung sejak munculnya wabah pada akhir Desember 2019.

Kota-kota di luar Hubei juga sudah memperlonggar pembatasan aktivitas warga. Beberapa kota sudah memperbolehkan warga kembali bekerja, meskipun sekolah masih ditutup.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda