Ke AS, Ternyata Putra Mahkota Saudi Juga Temui Eks Presiden dan Menlu

Anton Suhartono ยท Kamis, 29 Maret 2018 - 19:07 WIB
Ke AS, Ternyata Putra Mahkota Saudi Juga Temui Eks Presiden dan Menlu

Mohammed bin Salman bertemu dengan Donald Trump di Gedung Putih (Foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Putra mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman memanfaatkan waktu kunjungannya yang panjang di Amerika Serikat untuk bertemu dengan pejabat, mantan pejabat, serta politisi, baik dari kubu Partai Republik maupun Demokrat.

Mohammed berada di AS selama beberapa pekan. Sejak tiba di Negeri Paman Sam itu pada 19 Maret lalu, dia sudah bertemu dengan Presiden Donald Trump serta jajaran menteri.

Agenda Mohammed selama di AS diketahui dari bocornya dokumen itenarary setebal 36 halaman, berisi jadwal perjalanan putra Raja Salman itu. Dokumen itu diungkap oleh surat kabar Independent. Namun tak disebutkan apa saja agenda yang dibahasa dalam pertemuann Mohammed dengan orang-orang penting itu.

Setelah ke Washington, Mohammed melanjutkan perjalanannya ke Boston. Saat ini, dia berada di New York dan akan meneruskan perjalanan ke Houston, Seattle, San Francisco, dan Los Angeles.

Di antara isi dokumen itu, Mohammed dijadwalkan bertemu dengan ratu talk show Oprah Winfrey. Pertemuan akan berlangsung di Los Angeles di pengujung lawatannya di AS.

Pada Selasa 27 Maret, Mohammed dilaporkan sudah bertemu dengan mantan presiden Bill Clinton dan istrinya, Hillary, dalam kapasitas sebagai mantan menteri luar negeri. Selain itu, dia juga bertemu dengan mantan menlu lain Henry Kissienger.

Deretan orang penting lain yang masuk agenda pertemuan Mohammed adalah mantan presiden Barack Obama dan George W Bush, mantan menlu John Kerry, Jenderal David Petrus dan Condoleezza Reice.

Politisi dan pejabat lain yang sudah ditemuinya adalah Senator Chuck Schumer, Sekjen PBB Antonio Guterres, serta pengusaha yang juga mantan Wali Kota New York Michael Bloomberg.

Menlu Mike Pompeo, Wapres Mike Pence, penasihat senior dan duta untuk urusan Timur Tengah yang juga menantu Donald Trump, Jared Kushner, mantan Penasihat Keamanan Nasional HR McMaster, dan Menteri Pertahanan Jim Mattis, merupakan para pejabat yang sudah ditemuinya.

Sementara dari deretan para pengusaha adalah Bill Gates, Elon Musk, Peter Thiel, dan para eksekutif perusahaan multinasional lain.

Dalam kunjungannya, Saudi dan AS meneken kerja sama permbelian senjata dan armada tempur senilai USD670 juta. Di antara senjata dan armada itu adalah rudal anti-tank, helikopter, dan tank.

Editor : Anton Suhartono