Kebakaran Hanguskan Kapal Perang AS di San Diego, 18 Perwira Dilarikan ke RS

Arif Budiwinarto ยท Senin, 13 Juli 2020 - 05:54:00 WIB
Kebakaran Hanguskan Kapal Perang AS di San Diego, 18 Perwira Dilarikan ke RS
Kebakaran melalap badan kapal perang Amerika Serikat di Pangkalan Angkata Laut San Diego, Minggu (12/7/2020) pagi (foto: Reuters)

SAN DIEGO, iNews.id - Kebakaran terjadi di kapal perang Amerika Serikat yang tengah bersandar di Pangkalan Angkatan Laut San Diego, Minggu (12/7/2020). Tidak akan korban jiwa dalam insiden tersebut.

Departemen Kebakaran San Diego mendapat laporan kebakaran di kapal perang USS Bonhomme Richard pada pukul 8.30. Menurut penuturan saksi mata, sempat terdengar suara ledakan cukup keras diikuti kobaran api.

Melihat kobaran api semakin membesar ditambah asap hitam pekat yang menyelimuti badan kapal sepanjang 247 itu, para perwira angkatan laut yang berada di dek kapal segera menyelamatkan diri dengan menurunkan sekoci penyelamat.

Laksamana Muda Charles Brown, juru bicara Angkatan Laut AS, mengatakan kebanyakan para pelaut yang terluka disebabkan menghirup asap serta luka bakar ringan.

"18 perwira angkatan laut sudah dibawa ke rumah sakit tanpa ada cedera yang mengancam nyawa. Semua kru kapal sudah dievakuasi," kata Brown dikutip dari Reuters.

Saat api pertama kali terlihat terdapat setidaknya 160 perwira angkatan laut berada di atas kapal yang tengah menjalani perawatan rutin. Normalnya, USS Bonhomme bisa membawa kurang lebih 1.000 perwira dalam sekali operasi.

Belum bisa dipastikan penyebab kebakaran di kapal perang Amerika Serikat itu. Polisi dan Angkatan Laut AS akan melakukan investigas setelah badan kapal dinyatakan aman untuk dilakukan penyelidikan. 

Editor : Arif Budiwinarto