Kebakaran Hutan Masih Mengancam, Australia Kini Bersiap Diterjang Topan Tropis Blake

Nathania Riris Michico ยท Senin, 06 Januari 2020 - 11:10 WIB
Kebakaran Hutan Masih Mengancam, Australia Kini Bersiap Diterjang Topan Tropis Blake

Petir dan badai menghantam Pilbara, Australia, selama beberapa hari terakhir saat Tropical Topan Blake mendekat. (FOTO: doc. Emma Byrne/ABC News)

SYDNEY, iNews.id - Sebuah topan tropis terbentuk di lepas pantai barat laut Australia, Senin (6/1/2020). Topan itu mengancam Kota Broome dengan angin berpotensi merusak hingga 125 kilometer per jam.

Topan Tropis Blake menjadi badai kategori satu dengan angin berkecepatan 75 kilometer per jam dan diperkirakan akan menguat ke kategori dua pada Selasa pagi, ketika melaju di kota berpenduduk 14.000 orang itu.

"Warga diminta bersiap menghadapi cuaca siklon dan mengatur peralatan darurat termasuk kotak P3K, senter, radio portabel, baterai cadangan, makanan, dan air," demikian peringatan Biro Meteorologi, seperti dilaporkan AFP.

Angin diperkirakan bertiup lebih dari 125 kilometer per jam.

"Badai juga diperkirakan akan membawa hujan lebat dan pengawasan banjir telah dikeluarkan untuk wilayah pesisir Kimberley barat dan Pilbara timur," lanjut pernyataan biro itu.

Topan Blake diperkirakan tidak akan berdampak pada kebakaran hutan yang saat ini mengamuk di bagian lain negara besar itu.

Sejak September 2019, total 18 orang tewas akibat kebakaran, tujuh di antaranya di New South Wales pada pekan ini saja. Yang lainnya dinyatakan hilang.

Ribuan petugas pemadam kebakaran dikerahkan setiap hari selama berbulan-bulan, untuk memadamkan api berskala besar yang belum bisa dikendalikan.

Editor : Nathania Riris Michico