Kebakaran Landa Pabrik Plastik di Bangladesh, 13 Orang Tewas

Nathania Riris Michico ยท Kamis, 12 Desember 2019 - 19:13 WIB
Kebakaran Landa Pabrik Plastik di Bangladesh, 13 Orang Tewas

Ilustrasi kebakaran di pabrik Bangladesh.

DHAKA, iNews.id - Kebakaran melanda pabrik plastik ilegal di luar ibu kota Bangladesh, Dhaka. Paling tidak 13 orang tewas dan hampir 20 orang luka-luka kritis akibat peristiwa itu.

Kebakaran pabrik sering terjadi di Bangladesh, terutama di musim dingin, karena lemahnya penegakan aturan keselamatan.

Api menyebar pada Rabu sore dan dengan cepat menghancurkan lantai dasar pabrik Plastik Paten Utama di Keraniganj, barat daya Dhaka.

"Sejauh ini 13 orang tewas. Sebanyak 12 dari mereka meninggal saat dirawat di Rumah Sakit Perguruan Tinggi Kedokteran Dhaka dan seorang lagi meninggal di tempat kejadian," kata inspektur polisi, Bacchu Mia, kepada AFP.

Polisi mengatakan, sekitar 150 orang bekerja di pabrik lantai dasar gudang ketika kebakaran terjadi dan suara keras terdengar di salah satu ruangan.

"Para pekerja yang berada di ruangan itu adalah orang-orang yang terbakar. Kami segera memindahkan mereka ke rumah sakit dalam kondisi kritis," kata kepala polisi setempat, Shah Zaman, kepada AFP.

Zaman mengatakan, pabrik itu beroperasi secara ilegal. Sejumlah petugas pemadam kebakaran, kata dia, berjuang selama tiga jam untuk mengendalikan api.

Polisi saat ini tengah memburu pemilik pabrik dan akan mengajukan tuntutan pembunuhan atas tuduhan kelalaian.

Salah satu pekerja yang terluka Zakir Hossain (22) mengatakan kepada surat kabar lokal The Daily Star bahwa kebakaran terjadi di dekat tempat delapan tabung gas yang mudah terbakar disimpan.

Dokter Samanta Lal Sen mengatakan para pekerja yang terluka berada dalam kondisi kritis. Banyak yang kritis karena menghirup asap dan sebagian besar tubuh mereka kena luka bakar. Dia mengatakan jumlah korban diperkirakan akan meningkat.

Editor : Nathania Riris Michico