Kecam Kudeta di Guinea, Rusia Desak Militer Segera Bebaskan Presiden Conde

Anton Suhartono ยท Senin, 06 September 2021 - 19:16:00 WIB
Kecam Kudeta di Guinea, Rusia Desak Militer Segera Bebaskan Presiden Conde
Alpha Conde diculik militer Guinea pasca-kudeta (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNews.id - Rusia menyerukan pembebasan segera Presiden Guinea Alpha Conde yang digulingkan militer dari pemerintahan Minggu (5/9/2021) lalu diculik. 

Negeri Beruang Merah memiliki sejarah panjang hubungan dengan Guinea, termasuk semasa Uni Soviet, terutama dalam bidang industri logam. Guinea merupakan negara Afrika Barat yang kaya mineral, seperti bauksit dan emas. Cadangan bauksit Guinea merupakan yang terbesar di dunia.

"Moskow menentang setiap upaya penggantian kepemimpinan yang tidak konstitusional. Kami mendesak pembebasan Conde dan jaminan kekebalannya (hukum). Kami memandang perlu situasi di Guinea kembali ke norma konstitusi secepat mungkin," bunyi pernyataan Kementerian Luar Negeri Rusia, dikutip dari Reuters, Senin (6/9/2021).

Sementara itu militer Guinea memanggil para menteri dan pejabat tinggi untuk hadir dalam pertemuan hari ini. Mereka mengancam para pejabat yang tak mau datang dianggap sebagai pemberontakan.

Kudeta Guinea membuat harga logam meroket ke level tertinggi sejak 10 tahun terakhir pada Senin. Meski demikian belum ada indikasi bahwa kudeta ini mengganggu pasokan. Bauksit biasa digunakan untuk memproduksi aluminium.

Harga bauksit dari Guinea juga mencapai level tertinggi dalam hampir 18 bulan di konsumen logam utama China.

Rusal, produsen aluminium terbesar ketiga di dunia dari Rusia, mengoperasikan tiga tambang bauksit dan satu kilang alumina di Guinea. Tambang bauksit di Guinea menyumbang 42 persen dari total kapasitas bauksit Rusal.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda