Kecelakaan Maut 737 Max Lion Air dan Ethiopian Airlines: CEO Boeing Akui Bersalah
"Saya menyejajarkan pesawat di ketinggian 4.000 kaki (1,2 kilometer), kecepatan 230 knot dan pesawat turun sendiri secara otomatis. Itu gila. Saya terkejut," kata Forkner, salah satu pilot penguji dalam percakapan itu.
Selain itu, bukti terbaru yang ditemukan pemerintah juga menunjukkan bahwa Boeing berniat menambahkan sistem peringatan MCAS pada panel kendali pesawat 737 Max, juga catatan tambahan yang menekankan bahwa jika pilot gagal merespons peringatan MCAS selama 10 detik, itu bisa jadi 'bencana'.
Muilenburg mengakui bahwa mereka melakukan kesalahan saat mengembangkan MCAS. Namun dia juga berulang kali mengklaim baru mengetahui percakapan itu, awal tahun ini.
"Dari bukti percakapan pesan singkat itu, kapan Anda mengetahui adanya percakapan tersebut?" tanya senator AS dari Mississippi, Roger Wicker, seperti dilaporkan BBC, Jumat (1/11/2019).
"Senator, seingat saya, saya baru mengetahui tentang percakapan itu pada awal tahun ini. Sebelum kecelakaan kedua (Air Ethiopia ET-302)," jawab Muilenberg.