Kecewa soal Wabah Corona, Trump Ancam Hentikan Seluruh Hubungan dengan China

Anton Suhartono ยท Jumat, 15 Mei 2020 - 06:39 WIB
Kecewa soal Wabah Corona, Trump Ancam Hentikan Seluruh Hubungan dengan China

Donald Trump (Foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Presiden Amerika Serikat Donald Trump secara tegas mengancam akan menghentikan semua hubungan dengan China terkait wabah virus corona.

AS berkali-kali menuduh China tidak transparan soal peyebaran virus mematikan ini, termasuk soal asal muasalnya yang disebut dari laboratorium di Wuhan.

China juga dituduh tidak berbuat banyak untuk mengendalikan wabah Covid-19 sehingga menyebar ke seluruh dunia menyebabkan lebih dari 300.000 orang meninggal dunia.

Namun tuduhan itu ditepis China dengan alasan pemerintahannya bekerja erat dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan komunitas internasional, termasuk dalam hal membagikan data.

Trump mengatakan tak ingin berbicara dengan Presiden Xi Jinping meskipun dia menegaskan hubungan pribadinya sangat baik.

"Saya memiliki hubungan sangat baik (dengan Xi), tapi saat ini saya tidak ingin berbicara dengannya," kata Trump, kepada Fox Business, seperti dilaporkan kembali AFP, Jumat (15/5/2020).

"Saya berita tahu Anda sekarang, saya sangat kecewa dengan China,” ujarnya, melanjutkan.

Saat ditanya apa yang akan dilakukan AS terhadap China, Trump tak menjelaskan langkah spesifik, namun memberikan ancaman tegas.

"Ada banyak hal yang bisa kita lakukan. Kita bisa melakukan sesuatu, kita bisa memutuskan seluruh hubungan,” tuturnya.

Trump menyebut AS bisa menghemat 500 miliar dolar AS jika menghentikan seluruh hubungan dengan China.

Dia kembali mengungkit China tak melakukan apa yang seharusnya untuk mencegah penyebaran wabah dan semuanya sudah terlambat.

"Mereka bisa menghentikannya. Mereka bisa menghentikan dari sumbernya, tapi itu tidak terjadi. Sangat menyedihkan melihat apa yang terjadi pada dunia dan negara kita, dengan semua kasus kematiannya," katanya.

Editor : Anton Suhartono