Kejaksaan Jepang Akan Tangkap Istri Mantan Bos Nissan Carlos Ghosn

Anton Suhartono ยท Selasa, 07 Januari 2020 - 16:45 WIB
Kejaksaan Jepang Akan Tangkap Istri Mantan Bos Nissan Carlos Ghosn

Carlos Ghosn dan Carole (Foto: AFP)

TOKYO, iNews.id - Jaksa penuntut Jepang, Selasa (7/1/2020), mendapat surat perintah penangkapan untuk istri mantan bos Nissan Carlos Ghosn, Carole.

Dalam pernyataan, jaksa menyatakan Carole diduga membuat pernyataan palsu saat memberikan kesaksian dalam sidang di pengadilan distrik Tokyo pada April 2019 dengan terdakwa sang suami.

Keterangan yang disampaikan itu terkait dengan pemalsuan identitas seseorang yang dia temui.

Ghosn menghadapi persidangan di Jepang atas tuduhan beberapa kejahatan keuangan, termasuk penggelapan pajak. Sejak April, Ghosn dibebaskan dengan jaminan dan menjadi tahanan rumah sambil menunggu persidangan. Pria 65 tahun itu membantah semua dakwaan.

Pada 29 Desember 2019 dia melarikan diri ke Lebanon dengan cara yang masih menjadi misteri. Ada yang melaporkan dia disembunyikan di tas alat musik, namun pernyataan itu dibantah dengan keterangan bahwa Ghosn keluar dari kediamannya seorang diri berdasarkan rekaman CCTV.

Carole secara vokal mendesak pembebasan suaminya. Dia bersikeras membela suaminya dan menuduh jaksa memperlakukan Ghosn dengan buruk setelah penangkapan pada 19 November 2018.

Sejak suaminya menjadi tahanan rumah, Carole tak leluasa berhubungan dengan Ghosn.

Bahkan dia pernah dilarang menengok suaminya saat berada di penjara sampai akhirnya mengajukan petisi kepada banyak pihak, termasuk Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Gedung Putih.

Editor : Anton Suhartono