Keji, Milisi Bersenjata Telanjangi Perempuan Lalu Ditembaki Sampai Mati

Arif Budiwinarto ยท Rabu, 16 September 2020 - 08:51 WIB
Keji, Milisi Bersenjata Telanjangi Perempuan Lalu Ditembaki Sampai Mati

Tangkapan layar dari video milisi bersenjata mengeksekusi seorang perempuan di Mozambik. (foto: Twitter/@Zenaidamachado)

MAPUTO, iNews.id - Seorang perempuan menjadi korban kekejian milisi bersenjata di Mozambik. Sebelum dieksekusi mati, korban sempat ditelanjangi.

Kelakukan keji para eksekutor berseragam militer itu direkam kemudian videonya tersebar ke media sosial. Dalam video itu beberapa pria bersenjata mengejar dan memukuli seroang perempuan yang telah dilucuti pakaiannya.

Mereka kemudian menghujani tubuh perempuan itu dengan pukulan tongkat dan meneriakinya dalam Bahasa Portugis, menuduhnya sebagai anggota kelompok jihadis al-Shabaab.

Perempuan yang tidak diketahui identitasnya itu kemudian ditembaki sampai tewas. Sampai berita ini diturunkan, otoritas berwenang Mozambik masih belum bisa mengindentifikasi pelaku penyerangan.

Pemerintah dan militer Mozambik mengutuk eksekusi keji tersebut, mereka juga menyanggah tudingan tentara pemerintah merupakan eksekutor dalam insiden itu.

"Pasukan pertahanan dan keamanan menegaskan kembali bahwa kami tidak setuju dengan tindakan biadab yang mendukung pelanggaran hak asasi manusia," demikian pernyataan Pemerintah Mozambik dikutip dari Reuters, Rabu (16/9/2020).

Aksi kekerasan bersenjata menjadi pemandangan biasa di Mozambik yang dilanda perang sipil beberapa tahun terakhir. Pada Mei lalu, kelompok hak asasi manusia Amnesty International mendapat rekaman video pelecehan terhadap tahanan yang ditangkap milisi bersenjata karena diduga sebagai anggota militan.

Pekan lalu, Amnesty International menuduh tentara pemerintah menyiksa ekstremis di wilayah utara Cabo Delgado. Namun, tuduhan tersebut disanggah pemerintah dengan menyebut milisi jihadis sengaja berpakaian menyerupai pasukan pemerintah.

Dalam tiga tahun terakhir, kelompok pemberontak yang bersumpah setia kepada ISIS kerap melancarkan serangan udara ke wilayah yang dikenal kaya sumber daya gas alam cair di Afrika.

Serangan milisi jihadis berhasil menguasai pelabuhan strategus Mocimba de Praia pada bulan lalu. Ini diyakini untuk mendukung rencana mereka membuka eksplorasi gas lepas pantai.

Editor : Arif Budiwinarto