Kelompok Militan Diduga Boko Haram Bantai 50 Warga Sipil

Ahmad Islamy Jamil ยท Selasa, 24 Mei 2022 - 08:54:00 WIB
Kelompok Militan Diduga Boko Haram Bantai 50 Warga Sipil
Kelompok militan Boko Haram. (Foto: Ist.)

ABUJA, iNews.idKelompok militan membantai sedikitnya 50 orang dalam serangan di sekitar Kota Rann, Negara Bagian Borno, Nigeria, Minggu (22/5/2022). Wilayah itu berada di ujung timur laut Nigeria, dekat perbatasan dengan Kamerun. 

Sejak 2009, wilayah timur laut Nigeria dan Negara Bagian Borno secara khusus, telah menjadi pusat pemberontakan yang dipimpin oleh kelompok militan Boko Haram. Pertikaian itu menyebabkan jutaan orang mengungsi dan sekitar 350.000 orang tewas dalam berbagai serangan dan krisis kemanusiaan, menurut data PBB.

Seiring waktu, Boko Haram juga mengklaim bertanggung jawab atas sejumlah serangan di negara Afrika Barat itu.

Kali ini, penduduk setempat pun menyalahkan serangan terbaru di Rann terhadap Boko Haram. Namun, saat dihubungi Reuters, Juru Bicara Angkatan Darat Nigeria, Brigadir Jenderal Onyema Nwachukwu, tidak segera menanggapi permintaan komentar terkait serangan kelompok militan itu.

“Kami semua menderita atas pembunuhan warga kami yang tidak bersalah, yang bekerja di lahan pertanian mereka,” ungkap seorang petani lokal, Harun Tom, saat dihubungi lewat panggilan telepon, Senin (23/5/2022). 

“Kami menguburkan 50 orang hari ini di Rann. Mereka membersihkan lahan pertanian mereka menjelang musim hujan, sementara yang lain mencari kayu bakar,” ujarnya.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: