Kepala Kantor Penghubung China di Hong Kong: Kita Harus Kembali ke Jalan yang Benar

Nathania Riris Michico ยท Senin, 06 Januari 2020 - 12:05 WIB
Kepala Kantor Penghubung China di Hong Kong: Kita Harus Kembali ke Jalan yang Benar

Kepala Kantor Penghubung Hong Kong yang baru, Luo Huining, berbicara kepada media untuk menandai hari pertamanya di kantor di Hong Kong, China, 6 Januari 2020. (FOTO: Navesh Chitrakar/Reuters)

BEIJING, iNews.id - Utusan tinggi China untuk Hong Kong yang baru mengatakan dia berharap protes yang menghancurkan akan berakhir dan kota itu kembali ke jalan yang benar. Hal itu dia sampaikan ketika disumpah, Senin (6/1/2020).

Luo Huining menggantikan Wang Zhimin sebagai kepala Kantor Penghubung China di Hong Kong. Zhimin dicoput setelah protes pro-demokrasi yang meletus di kota itu hampir tujuh bulan lalu tak kunjunga usai.

Luo yang berusia 65 tahun menyampaikan pernyataan singkat kepada wartawan dalam bahasa Mandarin -bukan bahasa Kanton.

"Dalam enam bulan terakhir, situasi Hong Kong membuat hati semua orang sedih. Semua orang dengan sungguh-sungguh berharap Hong Kong dapat kembali ke jalan yang benar," kata Luo, menolak untuk menerima pertanyaan dari wartawan, seperti dikutip AFP.

BACA JUGA: Unjuk Rasa dan Kekerasan Tak Kunjung Usai, China Copot Kepala Kantor Penghubung Hong Kong

Jutaan orang keluar ke jalan-jalan sejak Juni tahun lalu dalam gelombang protes yang dipicu oleh oposisi terhadap RUU yang memungkinkan kriminal diekstradisi ke daratan China, yang kini sudah dihapus.

Namun aksi itu berubah menjadi tuntutan yang besar atas kebebasan demokratis dan penyelidikan terhadap polisi. Ini menjadi tantangan paling berat sejak bekas koloni Inggris itu dikembalikan ke pemerintahan China pada 1997.

Luo memberikan nada berdamai dengan mengatakan, "Hong Kong sudah membuat kontribusi penting bagi keterbukaan (China) dan modernisasi."

Kantor Penghubung, yang direkturnya adalah pejabat politik China berpangkat tinggi di Hong Kong, menjadi sasaran para pemrotes pada Juli 2019.

Luo sebelumnya menjabat sebagai gubernur Provinsi Qinghai, dan juga ditunjuk untuk posisi Partai Komunis senior di Provinsi Qinghai dan Shanxi, menurut China Daily yang dikelola pemerintah.


Editor : Nathania Riris Michico