Keren, Ada Air Terjun di Dalam Bandara Singapura

Anton Suhartono · Kamis, 11 April 2019 - 16:22:00 WIB
Keren, Ada Air Terjun di Dalam Bandara Singapura
Air terjun di bangunan Jewel Bandara Changi Singapura (Foto: AFP)

SINGAPURA, iNews.id - Pengunjung Bandara Changi, Singapura, dimanjakan dengan pemandangan alam berupa air terjun buatan di dalam ruangan. Air terjun setinggi 40 meter bisa dinikmati mulai Kamis (11/4/2019).

Air mengalir melalui kubah kaca berkerangka baja di pusat kompleks bandara, Jewel, yang dibangun dengan biaya 1,7 miliar dolar Singapura atau sekitar Rp17,5 triliun.

Selain air terjun, bangunan dengan luas 135.700 meter persegi itu juga memiliki taman-taman di empat lantai, 280 gerai ritel dan makanan, hotel, serta bioskop. Bangunan ini menghubungkan tiga terminal bandara.

Selain menjadi daya tarik bagi wisatawan asing, tempat ini juga sebagai tujuan wisata bagi warga lokal.

Jewel sudah bisa menyambut pengunjung namun masih dalam jumlah terbatas pada pekan ini. Bangunan baru akan dibuka sepenuhnya untuk umum pada Rabu (17/4/2019).

Fasilitas air terjun buatan ini merupakan upaya Changi, bandara tersibuk ketujuh di dunia untuk lalu lintas internasional, dalam menarik wisatawan termasuk penumpang transit, bersaing dengan Hong Kong dan Dubai.

"Penumpang menghabiskan waktu lebih lama ketika mereka transit di bandara, ini merupakan alasan mengapa kami perlu meningkatkan fasilitasnya," kata Jayson Goh, eksekutif senior Changi Airport Group.

Namun analis dari Pusat Penerbangan Asia Pasifik Brendan Sobie meragukan tujuan itu akan tercapai. Menurut dia, fasilitas di Jewel kemungkinan akan lebih banyak dimanfaatkan warga lokal serta penumpang yang akan berangkat saja.

"Menarik penumpang transit tidak realistis karena mereka harus melewati imigrasi terlebih dulu dan ada begitu banyak fasilitas bagus lain (di dalam bandara) yang membuat Changi menjadi bandara transit utama," katanya.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda