Kereta Anjlok Taiwan Tewaskan 49 Orang, Sopir Truk Pemicu Kecelakaan Didakwa Pembunuhan

Anton Suhartono ยท Jumat, 16 April 2021 - 21:45:00 WIB
Kereta Anjlok Taiwan Tewaskan 49 Orang, Sopir Truk Pemicu Kecelakaan Didakwa Pembunuhan
Sopir truk yang memicu kecelakaan kereta di Taiwan yang merenggut 49 nyawa didakwa pembunuhan (Foto: Reuters)

TAIPEI, iNews.id - Sopir truk yang menyebabkan kecelakaan kereta di Hualien, Taiwan, didakwa dengan tuduhan pembunuhan, Jumat (16/4/2021). Pria bernama Li Yi Hsiang (49) itu dianggap lalai sehingga menyebabkan 49 orang meninggal dan lebih dari 200 lainnya luka.

Kecelakaan pada 2 April itu disebabkan truk masuk ke rel. Mulanya truk terjebak di semak-semak lalu ditarik dengan alat berat ekskavator yang justru membuatnya melaju ke arah yang salah yakni menuju rel. Beberapa menit kemudian meluncur kereta dan menabraknya sehingga tergelincir di dalam terowongan. 

Jaksa penuntut menyatakan, Li tidak sendiri menghadapi dakwaan pembunuhan, melainkan bersama tiga orang lainnya, termasuk seorang pekerja asal Vietnam. 

“Bukannya mencari pertolongan profesional untuk mengeluarkan truk, mereka menariknya dengan metode yang salah, menyebabkan kendaraan terguling di tanjakan,” bunyi keterangan Kantor Kejaksaan Distrik Hualien, dikutip dari AFP.

Selain itu, mereka juga tak melapor ke pihak berwenang setelah truk masuk rel. Kecelakaan bisa saja diantisipasi jika pengemudi segera melapor sehingga masinis bisa mengantisipasi. 

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2