Ketegangan dengan China Meningkat, India Beli 33 Jet Tempur Rusia

Arif Budiwinarto ยท Jumat, 19 Juni 2020 - 18:52 WIB
 Ketegangan dengan China Meningkat, India Beli 33 Jet Tempur Rusia

China percepat pembelian 33 pesawat tempur Rusia

NEW DELHI, iNews.id - Di tengah ketegangan dengan China yang semakin meningkat, India berusaha menambah kekuatan militernya dengan mempercepat pembelian puluhan jet tempur Rusia.

Dilansir dari Asian News International (ANI), Jumat (19/6/2020), Angkatan Udara India (IAF) sudah menyodorkan proposal penambahan alat perlindungan udara berupa 33 jet tempur buatan Rusia yakni 21 unit MiG-29 dan 12 unit Su-30.

Pembelian 12 unit jet tempur Su-30 MKI untuk mengganti sejumlah pesawat yang hilang dalam berbagai kecelakaan. Sedangkan untuk jenis pesawat MiG-29, IAF sebenarnya sudah memiliki tiga skuadron namun yang ditawarkan Rusia merupakan versi upgrade terbaru.

"Angkatan udara telah mengerjakan rencana ini untuk beberapa waktu tetapi mereka sekarang telah mempercepat prosesnya dan proposal yang diperkirakan bernilai lebih dari Rs6.000 crore akan ditempatkan di depan Kementerian Pertahanan untuk mendapatkan persetujuan akhir minggu depan di pertemuan tingkat tinggi," kata sumber pemerintah India.

Dalam proyek jangka panjang alat pertahanan udara, India telah memesan 272 pesawat tempur jenis Su-30 dalam kurun waktu 10 hingga 15 tahun mendatang dalam term yang berbeda.

Penambahan kekuatan militer udara dilakukan India sebagai langkah antisipasi di tengah memanasnya hubungan dengan China terkait perbatasan di Ladakh timur.

Senin (14/6/2020) lalu, tentara India dan China terlibat bentrokan yang menewaskan 20 tentara India. Usai insiden tersebut, kedua negara saling tuding melakukan provokasi.

New Delhi menuduh China melakukan pembangunan di sepanjang Garis Kontrol Aktual di Ladakh Timur, sedangkan Beijing menuding pasukan India telah menerobos batas negara.

Editor : Arif Budiwinarto