Ketua DPR AS Nancy Pelosi Enggan Dukung Upaya Ukraina Gabung NATO

Ahmad Islamy Jamil ยท Sabtu, 01 Oktober 2022 - 13:39:00 WIB
Ketua DPR AS Nancy Pelosi Enggan Dukung Upaya Ukraina Gabung NATO
Ketua DPR AS Nancy Pelosi. (Foto: Reuters)

WASHINGTON DC, iNews.id – Ketua DPR AS Nancy Pelosi menginginkan adanya jaminan keamanan untuk Ukraina di tengah konflik dengan Rusia. Akan tetapi, dia enggan mendukung upaya Kiev untuk bergabung dengan NATO.

“Kami sangat berkomitmen terhadap demokrasi di Ukraina. Mari kita menangkan perang ini. Tapi saya ingin mereka memiliki jaminan keamanan,” kata Pelosi seperti dikutip Politico, Jumat (30/9/2022).

Kemarin, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengumumkan bahwa Ukraina telah mengajukan permohonan untuk bergabung dengan NATO secara cepat. Permohonan itu disampaikan Kiev setelah Presiden Rusia Vladimir Putin memproklamasikan bergabungnya empat wilayah Ukraina ke dalam Federasi Rusia. Keempat wilayah itu adalah Provinsi Donetsk, Luhansk, Kherson, dan Zaporizhzhia. 

Politico mengungkapkan, Pelosi menolak untuk secara eksplisit mendukung tawaran Ukraina bergabung dengan NATO. Sementara dua pejabat Amerika Serikat yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada media Amerika itu bahwa pengumuman Zelensky tentang upaya Kiev mencari jalan masuk ke NATO secara singkat itu mengejutkan Washington DC.

Sebelumnya, Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih AS, Jake Sullivan mengatakan, tawaran Ukraina untuk bergabung dengan NATO harus dibahas di lain waktu.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda