Keturunan Yahudi Eropa Tuntut Jerman Ganti Rugi Terkait Pembantaian Holocaust Nazi

Arif Budiwinarto ยท Senin, 03 Agustus 2020 - 10:30 WIB
Keturunan Yahudi Eropa Tuntut Jerman Ganti Rugi Terkait Pembantaian Holocaust Nazi

Keturunan Yahudi Eropa, Salo Muller, menuntut Pemerintahan Jerman mengganti rugi pada keluarga dan keturunan Yahudi korban Holocaust (foto: CNN)

AMSTERDAM, iNews.id - Seorang penyintas Holocaust asal Belanda menuntut kompensasi dari Pemerintah Jerman, serta perusahaan kereta api negara itu atas biaya yang dikeluarkan orang-orang Yahudi Belanda saat dibawa ke kamp konsentrasi Nazi.

Holocaust merupakan peristiwa terkelam dalam sejarah kemanusiaan, dimana lebih dari 6 juta orang Yahudi Eropa dihabisi secara tidak manusiawi di kamp-kamp konsentrasi Nazi di Auschwitz selama Perang Dunia II (1941-1945).

Orang-orang Yahudi yang ditangkap dibawa ke kamp konsentrasi di Jerman menggunakan kereta api. Mirisnya, para Yahudi itu diminta mengeluarkan biaya pribadi membayar transportasi yang dipakai.

Berdasarkan catatan sejarah Holocaust itu, pada 2018 seorang pria bernama Solo Muller berhasil melobi perusahaan kereta milik Belanda untuk memberikan konpensasi dan menyatakan permintaan maaf kepada keturunan dan keluarga korban Holocaust yang masih hidup.

Perusahaan kereta Belanda, Nederlandse Spoorween, akhirnya setuju untuk memberikan konpensasi pada 500 orang yang selamat dari peristiwa itu serta pada ribuan keturunan langsung mereka.

Setelah upaya pertamanya berhasil, Muller yang kini berusia 84 tahun menulis surat kepada Kanselir Jerman, Angela Merkel, yang meminta pemerintahnya dan perusahaan negara kereta api Deutsche Bahn memberikan konpensasi bagi penyintas dan keturunan korban Holocaust.

Berdasarkan data Museum Peringatan Holocaust Amerika Serikat (USHMM), dalam rentang 1942 hingga 1944 Jerman mendeportasi 97.776 orang Yahudi dari kamp Westerbork di Belanda, hampir 55.000 diantaranya kemudian dikirim ke kamp Nazi Auschwitz dan lebih dari 34.000 dibawa ke penjara Sobibor.

Editor : Arif Budiwinarto

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua