Khamenei: Hasil Pilpres AS Tidak Akan Pengaruhi Kebijakan Iran terhadap Washington

Arif Budiwinarto ยท Selasa, 03 November 2020 - 17:48:00 WIB
Khamenei: Hasil Pilpres AS Tidak Akan Pengaruhi Kebijakan Iran terhadap Washington
Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, mengatakan hasil pemilu presiden Amerika Serikat tidak akan mempengaruhi kebijakan Teheran terhadap Washington. (foto: AFP)

TEHERAN, iNews.id - Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, mengatakan hasil pemilu presiden Amerika Serikat tidak akan mempengaruhi kebijakan Teheran terhadap Washington.

Saat kampanye, calon presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Joe Biden, berjanji untuk bergabung kembali dalam kesepakatan nuklir Iran yang disepakati pada 2015. Dengan syarat, Iran mau kembali mematuhinya.

Sebelumnya pada 2018, Presiden AS Donald Trump membatalkan kesepakatan tersebut, yang membuat Iran semakin bersemangat mengembangkan nuklirnya meskipun ada embargo senjata dari PBB sebagai konsekuensi.

Pertengahan Oktober lalu, embargo senjata Iran berakhir, AS gagal mendapatkan dukungan dari mayoritas anggota Dewan Keamanan PBB untuk memberlakukan kembali sanksi tersebut.

Dalam pidato di jaringan televisi pemerintah Iran, Khamenei menyebut Iran tidak peduli dengan siapapun presiden yang terpilih di pilpres tahun ini. Sikap mereka jelas tidak akan sedikitpun berkompromi dengan Washington.

"Kebijakan kami terhadap Amerika Serikat dengan jelas telah diatur dan tidak akan berubah dengan pergantian individu (presiden)," kata Khamenei dikutip dari Reuters, Selasa (3/11/2020).

"Tidak masalah bagi kami siapa yang datang dan pergi," lanjutnya.

Iran tidak ingin terburu-buru soal kesepakatan nuklir

Editor : Arif Budiwinarto

Halaman : 1 2