Khamenei ke PM Abe: Trump Tak Layak Bertukar Pesan dengan Saya

Nathania Riris Michico ยท Jumat, 14 Juni 2019 - 10:23 WIB
Khamenei ke PM Abe: Trump Tak Layak Bertukar Pesan dengan Saya

PM Shinzo Abe saat bertemu Ayatollah Ali Khamenei. (FOTO: HO / IRANIAN SUPREME LEADER'S WEBSITE / AFP)

TEHERAN, iNews.id - Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengatakan kepada Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe bahwa dia menganggap Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump "tak layak" bertukar pesan dengannya.

Hal itu disampaikan saat kunjugan Abe ke Iran, Kamis (14/6/2019).

"Kami tidak ragu dengan niat baik dan keseriusan Anda, tetapi sehubungan dengan apa yang Anda katakan, Presiden AS mengatakan kepada Anda, saya tidak menganggap Trump sebagai orang yang pantas untuk bertukar pesan (dengan saya)," kata Khamenei kepada PM Abe, dalam cuplikan pertemuan mereka yang ditayangkan televisi pemerintah, seperti dikutip AFP, Jumat (14/6/2019).

"Saya tidak punya jawaban untuknya dan tidak akan menjawabnya," kata Khamenei, menambahkan.

"Iran tidak percaya pada Amerika dan tidak akan dengan cara apa pun mengulangi pengalaman pahit dari negosiasi sebelumnya dengan Amerika," sebut Khamenei, dalam komentar yang dipublikasikan oleh situs resminya.

Iran dan AS mengalami perselisihan sejak Mei tahun lalu, ketika Trump menarik AS keluar dari perjanjian nuklir 2015 yang dinegosiasikan oleh pemerintahan Barack Obama.

AS sejak itu menerapkan kembali sanksi unilateral atas Iran dan meluncurkan pasukan militer di Teluk yang mengirim ketegangan melonjak.

"Presiden Trump mengatakan dia tidak ingin melihat ketegangan meningkat," kata Abe, setelah pertemuan.

"Saya saling berbagi dengan jujur ??dengan Ayatollah Khamenei tentang pandangan saya sendiri, tentang apa niat yang ada dalam pikiran presiden," sambung Abe.

Dia menekankan, dia dirinya sudah bertukar pandangan dengan Trump beberapa kali.

"Saya yakin pertemuan ini adalah langkah maju yang signifikan untuk "mengamankan perdamaian dan stabilitas kawasan ini," tandas Abe.


Editor : Nathania Riris Michico