Khotbah Salat Jumat, Khomenei Sebut Serangan Rudal Iran Tamparan bagi AS

Anton Suhartono ยท Jumat, 17 Januari 2020 - 18:22 WIB
Khotbah Salat Jumat, Khomenei Sebut Serangan Rudal Iran Tamparan bagi AS

Ayatollah Ali Khamenei menyampaikan khotbah Jumat di Teheran (Foto: AFP)

DUBAI, iNews.id - Pemimpin spiritual Iran Ayatollah Ali Khamenei menjadi khatib sekaligus imam Salat Jumat di Teheran. Kesempatan itu digunakan olehnya untuk menyinggung soal serangan rudal Iran terhadap pasukan Amerika Serikat.

Ini merupakan momentum langka Khamenei memimpin langsung Salat Jumat. Terakhir dia menjadi imam pada Februari 2012, saat Iran juga mengalami krisis terkait nuklir sekaligus memperingati 33 tahun revolusi Islam.

Dia mengatakan serangan rudal Iran ke pangkalan militer di Irak yang menjadi markas pasukan Amerika Serikat (AS) merupakan tamparan ke wajah Negeri Paman Sam.

"Fakta bahwa Iran memiliki kekuatan untuk menampar negara kekuatan dunia (AS) menunjukkan tangan Tuhan. Harinya Tuhan," ujarnya, dikutip dari Reuters, Jumat (17/1/2020).

Iran menghujani dua pangkalan militer Irak, yakni Ain Al Asad dan Arbil, dengan lebih dari 20 rudal pada 8 Januari 2020.

Serangan itu merupakan balasan atas tewasnya komandan pasukan elite Quds, Garda Revolusi Iran, Qasem Soleimani, akibat serangan drone AS di Bandara Internasional Baghdad pada 3 Januari 2020.

Tidak ada tentara AS maupun pasukan koalisi yang tewas dalam serangan Iran. Namun
Pusat Komando AS menyatakan sedikitnya 11 tentara mengalami luka untuk serangan di Ain Al Asad. Awalnya, AS menyebut tak ada korban dalam serangan tersebut.

Juru Bicara Pusat Komando AS Bill Urban menjelaskan, para korban kini dirawat di fasilitas medis AS di luar Irak, yakni di Pusat Medis Regional Landstuhl di Jerman dan Kamp Arifjan, Kuwait.

Editor : Anton Suhartono