Kim Jong Un Terlihat Pakai Perban di Kepala, Ada Apa?

Anton Suhartono · Selasa, 03 Agustus 2021 - 14:29:00 WIB
Kim Jong Un Terlihat Pakai Perban di Kepala, Ada Apa?
Tayangan stasiun televisi pemerintah Korut yang dirilis pada 30 Juli menunjukkan kepala Kim Jong Un diperban saat menghadiri pertemuan militer pada 24-27 Juli (Screengrab: KCTV via NK News)

PYONGYANG, iNews.id - Spekulasi mengenai kondisi kesehatan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un muncul beberapa hari terakhir. Beberapa foto menunjukkan kepala bagian belakang Kim diperban meski ukurannya kecil. 

Perban itu terlihat dalam foto yang dirilis media pemerintah saat Kim menghadiri acara militer Tentara Rakyat Korea dari 24 hingga 27 Juli.

Foto lain saat Kim menghadiri acara pada akhir Juli, perbannya sudah tak ada namun ada bekas bintik kehijauan, demikian laporan NK News dan surat kabar Chosun Ilbo.

Ini merupakan gambaran terbaru dari kondisi Kim setelah beberapa bulan lalu isu kesehatannya juga menjadi sorotan. Pada Juni, warga Korea Utara menangis melihat Kim yang muncul ke publik untuk pertama kali setelah menghilang sebulan dalam kondisi lebih kurus.

Namun Badan Intelijen Nasional Korea Selatan, sebagaimana dilaporkan kantor berita Yonhap, menjelaskan tidak menemukan tanda-tanda yang mengarah kepada menurunnya kesehatan Kim.

Seorang anggota parlemen yang mendapat pengarahan dari intelijen mengatakan, bekas perban di kepala Kim tidak menunjukkan bekas luka.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2