Kisah Hidup Pria Tertua di Dunia, Masih Segar Bugar di Usia 114 Tahun

Anton Suhartono ยท Kamis, 31 Mei 2018 - 06:23 WIB
Kisah Hidup Pria Tertua di Dunia, Masih Segar Bugar di Usia 114 Tahun

Fredie Blom (Foto: Xinhua)

CAPE TOWN, iNews.id - Fredie Blom, pria tertua di dunia, merayakan ulang tahun ke-114 di kediamannya di Kota Delft, dekat Cape Town, Afrika Selatan, Selasa (29/5/2018).

Sebuah video yang dirilis dinas sosial setempat memperlihatkan, Blom yang mengenakan topi baseball berwarna kuning-hijau, tampak masih sehat dan berjalan sendiri.

Di usianya yang mencapai 114 tahun, Blom mengaku tidak tahu apa rahasianya bisa bertahan. Namun sampai saat ini kondisinya masih segar bugar. Dia masih bisa berjalan-jalan di sekitar rumah.

"Hanya satu hal, ini karena yang Di Atas. Dia lah yang memiliki segala kekuatan. Saya tak punya apa-apa, Saya bisa saja meninggal kapan pun, tapi Dia mempertahankan saya," kata Blom, dikutip dari BBC, Rabu (30/5/2018).

Blom mengatakan kondisinya saat ini masih sangat baik. Hanya saja, kakinya sudah mulai lemah.

"Jantung saya masih kuat, tapi hanya kaki yang sudah menyerah. Saya sudah tidak bisa berjalan dengan normal lagi," ujarnya.

Menurut Blom, dia berhenti meminum alkohol setahun lalu. Tapi, sampai saat ini dia masih mengisap beberapa batang rokok per hari. Bukan rokok biasa, tapi tembakau yang dilinting dengan kertas.

"Saya menggunakan tembakau sendiri karena saya tidak mengisap rokok yang biasa," katanya.

Namun Blom ingin berhenti merokok secara total tahun ini.

"Terkadang saya berkata pada diri sendiri, saya akan berhenti merokok. Tapi saya mengelabui diri sendiri. Dada saya seolah memaksa untuk mengisap tembakau lagi. Saya menyalahkan (godaan) setan untuk itu karena dia sangat kuat," katanya.

Blom mengaku tidak pernah mengalami masalah kesehatan terkait kebiasaan merokok yang termasuk kuat. Masalah yang dihadapinya saat ini hanya kaki dan kemampuan pendengaran yang mulai berkurang.

Lebih lanjut Blom yakin dengan menginjak 114 tahun, dia sudah melampaui usia pria lain di dunia. Namun dinas sosial menyatakan Guinness World Records belum mencatatnya sebagai pria tertua di dunia. Guinness menyatakan belum memasukkan Blom dalam daftar, karena dia tidak mengajukan diri. Setelah mengajukan, Guinness baru akan memproses kelayakan dan memverifikasinya.

Blom lahir di Adelaide, sebelah timur Cape Town. Dia tidak pernah mengenyam pendidikan formal. Untuk menafkahi keluarga, dia bekerja sebagai buruh tani serta pekerja kasar di Cape Town. Di usia 80 tahun, Blom pensiun.

Pada April lalu, Guinness mendapuk pria asa Ashoro, Hokkaido, Jepang, Masazo Nonaka, sebagai pria tertua di dunia, yakni berusia 112 tahun. Nonaka merebut gelar tersebut setelah pria tertua sebelumnya, yaitu asal Spanyol, meninggal dunia di usia 113 tahun.

Sejauh ini gelar orang tertua di dunia masih dipegang oleh perempuan Prancis, Jeanne Louise Calmet. Perempuan asal Arles, sebelah selatan Prancis itu meninggal dunia pada 1997 di usia 122 tahun.

Editor : Anton Suhartono