Kisah Pertemuan Adik-Kakak asal India dan Pakistan yang Berpisah 75 Tahun akibat Perang

Anton Suhartono ยท Jumat, 12 Agustus 2022 - 15:57:00 WIB
Kisah Pertemuan Adik-Kakak asal India dan Pakistan yang Berpisah 75 Tahun akibat Perang
Sika Khan (kanan) bertemu dengan adiknya, Sadiq, setelah terpisah 75 tahun (Foto: Arab News)

BHATINDA, iNews.id - Pasangan adik-kakak yang terpisah selama 75 tahun akhirnya bertemu. Mereka adalah Sika Khan berkewarganegaraan India dan kakaknya, Sadiq Khan, yang terpisah sejak 1947.

Sika berusia 6 bulan saat terpisah dengan kakaknya. Saat itu Inggris membagi wilayah jajahannya menyebabkan banyak keluarga terpisah. Tahun ini menandai 75 tahun pemisahan yang menjadi pemicu terbentuknya India dan Pakistan.

Ayah dan adik perempuan Sika tewas dalam perang, namun Sadiq, saat itu berusia 10 tahun, berhasil melarikan diri ke Pakistan.

"Ibu saya tidak tahan dengan trauma lalu bunuh diri, melompat ke sungai. Saya ditinggal dengan mengandalkan belas kasih warga desa serta beberapa kerabat yang membesarkan saya," kata Sika, di rumahnya, di Bhatinda, Negara Bagian Punjab.

Sejak kecil, Sika berusaha mencari tahu keberadaan kakaknya yang diketahui masih hidup. Berbagai upaya yang dia lakukan selalu buntu sampai 3 tahun lalu. Saat itu ada seorang dokter di lingkungan tempat tinggalnya menawarkan bantuan.

Setelah melakukan banyak panggilan telepon serta bantuan dari YouTuber Pakistan, Nasir Dhillon, Sika menemukan Sadiq.

Keduanya dipertemukan pada Januari di koridor Kartarpur, perbatasan kedua negara bebas visa. Perbatasan itu biasa digunakan para penganut Sikh India mengunjungi kuil di Pakistan.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda