KKB Serang Tambang, 4 Warga China Diculik

Umaya Khusniah · Jumat, 01 Juli 2022 - 08:04:00 WIB
KKB Serang Tambang, 4 Warga China Diculik
KBB menyerang lokasi pertambangan lokal di Nigeria tengah utara dan menculik sejumlah pekerja termasuk 4 orang China. (Foto: Ist)

Pihak berwenang tidak mengungkapkan nama perusahaan tersebut. Awal tahun ini, tiga warga negara China juga diculik dalam serangan serupa di negara bagian Niger saat bekerja di PLTA.

Pada bulan November, pihak berwenang China mengeluarkan peringatan perjalanan ke Nigeria dan bagian lain Afrika. Mereka memperingatkan agar warga dan perusahaan mereka agar tidak bepergian ke daerah 'berisiko tinggi'. 

Keadaan keamanan Nigeria telah memburuk di bawah Presiden Muhammadu Buhari, seorang pensiunan jenderal militer yang menjadi presiden pada 2015. Serangan yang sering terjadi di bagian barat laut dan utara Nigeria. 

Menurut pihak berwenang pelaku penyerangan merupakan kelompok-kelompok bersenjata yang sebagian besar adalah penggembala semi-nomaden muda dari Nigeria. Suku Fulani berkonflik dengan masyarakat petani karena keterbatasan akses air dan tanah. 

Beberapa gembala pemberontak sekarang bekerja dengan pemberontak ekstremis Islam di timur laut negara itu. Mereka menargetkan komunitas terpencil.

Editor : Umaya Khusniah

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda