Koalisi AS Mulai Tarik Pasukan dari Wilayah Suriah

Nathania Riris Michico ยท Sabtu, 12 Januari 2019 - 17:24 WIB
Koalisi AS Mulai Tarik Pasukan dari Wilayah Suriah

Konvoi militer AS melewati titik api Manbij, Kota Suriah, Desember 2018. (Foto: AFP/ Delil SOULEIMAN)

DAMASKUS, iNews.id - Koalisi anti-ISIS pimpinan Amerika Serikat (AS) dilaporkan sudah memulai proses penarikan pasukan dari Suriah. Hal itu diungkapkan oleh seorang juru bicara koalisi.

"Koalisi sudah memulai proses penarikan secara sengaja dari Suriah. Karena khawatir akan keamanan operasional, kami tidak akan membahas jadwal waktu tertentu, lokasi atau pergerakan pasukan,” kata Kolonel Sean Ryan, seperti dilaporkan Reuters, Sabtu (12/1/2019).

Warga di dekat penyeberangan perbatasan yang biasanya digunakan oleh pasukan AS untuk keluar dan masuk dari Suriah ke Irak mengatakan, mereka taak melihat pergerakan pasukan AS yang jelas atau berskala besar pada Jumat kemarin.

Baca juga: AS Dilaporkan Mulai Angkut Peralatan Militer dari Suriah

Keputusan AS ini menyuntikkan ketidakpastian baru ke dalam perang Suriah selama delapan tahun dan pertanyaan bagaimana kekosongan keamanan di seluruh Suriah utara dan timur tempat di mana pasukan AS ditarik akan diisi.

Di satu sisi, Turki bertujuan melakukan kampanye melawan pasukan Kurdi yang bersekutu dengan AS, di sisi lain Rusia dan Pemerintah Suriah yang didukung Iran melihat peluang untuk memulihkan sejumlah besar wilayah.

Penasihat Keamanan Nasional John Bolton menyatakan, melindungi Kurdi yang merupakan sekutu AS akan menjadi prasyarat penarikan AS.

Baca juga: Erdogan Kecam Tuntutan AS agar Turki Jamin Keamanan Pejuang Kurdi

Hal itu memicu teguran dari Presiden Turki Tayyip Erdogan yang menyebut komentar Bolton adalah sebuah "kesalahan serius".

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, yang melakukan tur di Timur Tengah pekan ini untuk meyakinkan sekutunya tentang komitmen AS terhadap keamanan regional, mengatakan penarikan itu tidak akan gagal meskipun ada ancaman Turki.


Editor : Nathania Riris Michico