Koin Emas Berusia 900 Tahun Saksi Perang Salib Ditemukan di Israel

Anton Suhartono ยท Rabu, 05 Desember 2018 - 05:23:00 WIB
Koin Emas Berusia 900 Tahun Saksi Perang Salib Ditemukan di Israel
Koin emas dari abad ke-11 ditemukan di Caesaera, Israel (Foto: BBC)

TEL AVIV, iNews.id - Koleksi koin emas yang diyakini berusia 900 tahun ditemukan oleh para arkeolog dalam proyek penggalian dan konservasi di situs Caesaera World Heritage, Israel.

Koin-koin itu ditemukan bersama sebuah anting emas di dalam wadah terbuat dari perak. Wadah disembunyikan di antara dua batu di sumur sebuah rumah. Koin tersebut diketahui berasal dari abad ke-11 atau dibuat pada masa pemerintahan Abbasid dan Fatimid.

Tampaknya, saat itu pemilik sengaja memendam wadah, seperti harta karun. Tapi sang pemilik tak pernah mengambilnya lagi.

Menurut arkeolog, pemiliknya kemungkinan tewas saat warga kota tersebut diserang oleh tentara Salib pada tahun 1101.

"Koleksi ini merupakan saksi bisu dari satu peristiwa paling dramatis dalam sejarah Caesarea, penaklukan kota oleh tentara Salib," kata arkeolog dari Otoritas Purbakala Israel, dikutip dari BBC, Selasa (4/12/2018).

Berdasarkan catatan sejarah, sebagian besar penduduk Caesarea dibantai oleh tentara Baldwin I yang memerintah kerajaan Salib Yerusalem antara tahun 1100 dan 1118.

"Masuk akal jika mengasumsikan bahwa pemilik harta karun dan keluarganya tewas dalam pembantaian atau mereka dijual ke perbudakan. Karena itulah mereka tidak bisa mengambil koin emas lagi," kata kepala tim penggalian, Peter Gendelman dan Mohammed Hatar.

Posisi koin itu berada di dekat dua harta serupa lain yang ditemukan pada 1960 serta kapal terbuat dari perak yang ditemukan pada 1990-an.

Barang-barang tersebut saat ini dipamerkan di Museum Israel di Yerusalem.

Editor : Anton Suhartono