Kolam Renang Terdalam di Dunia 45,5 Meter Dibuka di Polandia, Ada Gua Buatan

Anton Suhartono ยท Minggu, 22 November 2020 - 20:41:00 WIB
Kolam Renang Terdalam di Dunia 45,5 Meter Dibuka di Polandia, Ada Gua Buatan
Michal Braszczynski di salah satu bagian kolam renang Deepspot (Foto: AFP)

WARSAWA, iNews.id - Kolam renang terdalam di dunia yakni 45,5 meter dibuka di dekat Warsawa, Polandia, Sabtu (21/11/2020). Pemandangan bawah air semakin memesona dengan gua buatan serta struktur reruntuhan suku Maya.

Kompleks kolam bernama Deepspot itu juga memiliki bangkai kapal kecil untuk dijelajahi oleh para penyelam secara gratis.

Butuh 8.000 meter kubik air untuk memenuhi kolam tersebut atau 20 kali lipat lebih dibandingkan kolam renang standar 25 meter.

Pembangunannya memakan waktu 2 tahun, menghabiskan sekitar 5.000 meter kubik beton dengan biaya sekitar 8,9 juta euro atau sekitar Rp148 miliar.

"Ini merupakan kolam terdalam di dunia," kata direktur Deepspot, Michal Braszczynski (47), kepada AFP.

Tidak seperti kolam renang reguler, Deepspot tetap ditutup meskipun Polandia menerapkan lockdown virus corona. Ini karena Deepspot merupakan tempat pelatihan yang juga menawarkan kursus.

Belasan orang datang pada hari pertama pembukaan Deepspot, termasuk delapan penyelam berpengalaman yang akan mengikuti ujian untuk mengambil sertifikat instruktur.

"Tidak ada ikan atau terumbu karang luar biasa di sini. Ini bukan pengganti laut, tapi jelas tempat yang baik untuk belajar dan berlatih agar bisa menyelam dengan aman di perairan terbuka," kata Przemyslaw Kacprzak (39), seorang instruktur selam.


Editor : Anton Suhartono