Kolombia Tuding Tentara Venezuela Langgar Perbatasan, 2 Negara Kembali Panas

Ahmad Islamy Jamil ยท Minggu, 01 Mei 2022 - 15:25:00 WIB
Kolombia Tuding Tentara Venezuela Langgar Perbatasan, 2 Negara Kembali Panas
Tentara Venezuela mengikuti latihan militer di Bandara Garcia Hevia di La Fria, Venezuela, 10 September 2019. (Foto: Reuters)

BOGOTA, iNews.id – Kementerian Luar Negeri Kolombia menuduh Angkatan Bersenjata Venezuela melanggar perbatasan di bagian utara negara itu. Dua negara Amerika Selatan itu pun kembali terlibat perang urat saraf.

“Personel Garda Nasional Bolivarian (Tentara Venezuela—red) telah menembus wilayah udara dan menyerbu wilayah negara (Kolombia) ini,” ungkap Kemlu Kolombia dalam sebuah pernyataan yang dikutip kantor berita Sputnik, Minggu (1/5/2022).

“Sebuah helikopter militer (Venezuela) mendarat di sebelah barat perbatasan yang diakui secara internasional, dengan prajurit bersenjatanya juga telah mendarat,” kata kementerian itu lagi.

Insiden itu terjadi di wilayah Norte de Santander, Kolombia. Bogota pun mengecam keras dugaan pelanggaran kedaulatan nasional mereka oleh negara tetangga Amerika Latin itu.

Akan tetapi, Kementerian Luar Negeri Venezuela menolak tuduhan tersebut.

“Republik Bolivarian Venezuela dengan tegas menolak pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri Kolombia, yang merujuk pada dugaan pelanggaran wilayah udara dan darat negara itu oleh Garda Nasional Bolivarian,” demikian pernyataan Kemlu Venezuela.

Menurut Caracas, yang terjadi sebenarnya adalah, personel militer Venezuela sedang melakukan operasi untuk memerangi perdagangan narkoba di daerah perbatasan di Negara Bagian Zulia, Venezuela.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda