Korban Tewas Gempa Turki dan Yunani 14 Orang, Petugas Cari Warga Terjebak Reruntuhan

Reza Yunanto ยท Sabtu, 31 Oktober 2020 - 03:13:00 WIB
Korban Tewas Gempa Turki dan Yunani 14 Orang, Petugas Cari Warga Terjebak Reruntuhan
Petugas mengevakuasi korban yang tertimbun reruntuhan bangunan di Kota Izmir, Turki. (Foto: AFP)

ATHENA, iNews.id - Sebanyak 14 orang dilaporkan tewas akibat gempa bumi yang mengguncang Yunani dan Turki. Jumlah ini mungkin bertambah karena petugas masih berusaha menyelamatkan warga yang terjebak dalam bangunan runtuh.

Dilansir AFP, Badan Kebencanaan Turki mencatat 12 orang dinyatakan tewas dan 500 orang terluka. Dua orang remaja di Pulau Samos, Yunani dilaporkan tewas dalam perjalanan pulang dari sekolah, saat sebuah tembok runtuh menimpa mereka.

Sebagian besar kerusakan terjadi di dalam kota resor Izmir di tepi laut Aegea, yang memiliki 3 juta penduduk dan dipenuhi apartemen bertingkat tinggi.

Rekaman udara di televisi nasional Turki menunjukkan seluruh blok kota berubah menjadi puing-puing.

"Ya Tuhan!" teriak seorang pejalan kaki di dekat gedung yang runtuh dalam satu gambar yang menjadi viral di Turki.

Di acara televisi lain, kerumunan warga tampak bersorak lega dan bertepuk tangan saat seorang perempuan ditarik hidup-hidup dari reruntuhan bangunan sambil menangis.

Wali Kota Izmir, Tunc Soyer mengatakan sedikitnya 20 bangunan di kotanya runtuh. Petugas tengah memfokuskan penyelamatan pada 17 bangunan.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) sebelumnya menyatakan gempa bumi bermagnitudo 7,0 bertitik pusat di 14 kilometer timur laut Neon Karlovasion dengan kedalaman 10 km.

Sedangkan otoritas seismologi Yunani menyatakan, gempa bermagnitudo 6,6 mengguncang Kepulauan Samos di Laut Aegea.


Editor : Reza Yunanto