Korban Tewas Ledakan Uji Coba Roket Rusia Jadi 5 Orang, Ada Peningkatan Radiasi

Anton Suhartono ยท Sabtu, 10 Agustus 2019 - 13:06 WIB
Korban Tewas Ledakan Uji Coba Roket Rusia Jadi 5 Orang, Ada Peningkatan Radiasi

Fasilitas uji coba militer Rusia (Foto: AFP)

MOSKOW, iNews.id - Korban tewas akibat ledakan dalam uji coba roket di fasilitas peluncuran Kota Nenoska, Arkhangelsk, Rusia, bertambah menjadi lima orang.

Badan nuklir Rusia, Rosatom, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (10/8/2019), menyatakan, dua orang tewas saat kejadian yakni pada Kamis (8/8/2019), sementara tiga lainnya menyusul di kemudian waktu akibat luka parah.

Selain itu, masih ada tiga orang lainnya yang mengalami luka dengan tingkat bervariasi, termasuk luka bakar. Ledakan terjadi saat pengujian bahan bakar cair pada mesin roket.

Pihak berwenang Rusia sebelumnya mengatakan, ada laporan kenaikan tingkat radiasi di sekitar lokasi kejadian pascaledakan. Petugas pun terpaksa menutup sebagian teluk di Laut Putih yang biasa digunakan untuk aktivitas pengiriman logistik.

Sementara itu warga sekitar memanfaatkan iodium untuk mengurangi efek paparan radiasi.

Kementerian Pertahanan Rusia pada awalnya menyatakan tidak ada bahan kimia berbahaya yang dilepaskan ke atmosfer serta tingkat radiasi masih dalam kadar normal. Namun pihak berwenang di kota terdekat, Severodvinsk, melaporkan adanya lonjakan radiasi.

Namun pernyataan bahaya radiasi yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Severodvinsk menghilang dari internet pada Jumat.

Tidak ada penjelasan resmi mengapa ledakan ini menimbulkan radiasi.

Laporan media Rusia menyebut, daerah Nenoska sering digunakan untuk uji coba senjata, termasuk rudal balistik dan rudal jelajah Angkatan Laut Rusia. Rudal-rudal ini biasanya digunakan untuk kapal selam.


Editor : Anton Suhartono