Korut Bantah Pasok Senjata dan Amunisi ke Rusia, AS Diminta Diam

Umaya Khusniah ยท Kamis, 22 September 2022 - 05:38:00 WIB
Korut Bantah Pasok Senjata dan Amunisi ke Rusia, AS Diminta Diam
Presiden Rusia Vladimir Putin dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berjabat tangan selama pertemuan mereka di Vladivostok, Rusia, pada 25 April 2019. (Foto: Reuters)

PYONGYANG, iNews.id - Korea Utara (Korut) menegaskan tidak pernah memasok senjata atau amunisi ke Rusia. Korut juga tidak berencana untuk melakukannya di masa depan. 

Pernyataan ini disampaikan seorang wakil direktur jenderal dari Biro Umum Peralatan Kementerian Pertahanan Nasional dalam sebuah pernyataan tanpa menyebutkan namanya. Pernyataan itu dirilis oleh media pemerintah KCNA.

"Kami belum pernah mengekspor senjata atau amunisi ke Rusia sebelumnya dan kami tidak akan berencana mengekspornya," tulis KCNA, Kamis (22/9/2022).  

Pernyataan ini dibuat sebagai tanggapan di mana sebelumnya AS dan sekutu lainnya berbicara tentang 'pelanggaran resolusi' Dewan Keamanan PBB. Mereka menyebarkan rumor tentang kesepakatan senjata  antara Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK), nama resmi Korut, dan Rusia. 

Pada awal bulan ini, Wakil Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS, Vedant Patel mengatakan, Rusia sedang dalam proses pembelian jutaan roket dan peluru artileri dari Korut. Senjata itu digunakan untuk invasi ke Ukraina.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda