Korut Diduga Siap Luncurkan Kapal Selam Baru, Mampu Tembakkan Rudal Balistik

Umaya Khusniah ยท Kamis, 22 September 2022 - 08:06:00 WIB
Korut Diduga Siap Luncurkan Kapal Selam Baru, Mampu Tembakkan Rudal Balistik
Korut diduga tengah bersiap meluncurkan kapal selam baru. (Foto: Reuters)

PYONGYANG, iNews.id - Korea Utara (Korut) diduga tengah bersiap meluncurkan kapal selam baru. Keunggulannya, kapal selam ini mampu menembakkan rudal balistik

Hal ini disampaikan sebuah think tank berbasis di AS yang memantau Korea Utara, 38 North, pada Kamis (22/9/2022). Pernyataan merekaberdasarkan citra satelit komersial. 

Mereka mengatakan, gambar Galangan Kapal Sinpo South di pantai timur Korut dari 18 September mengungkapkan, enam tongkang dan kapal berkumpul di sekitar dermaga aula konstruksi. 

"Sementara tongkang dan dok kering terkadang teramati di sekitar dermaga peluncuran kapal selam di aula konstruksi utama. Keberadaan enam kapal dan tongkang di daerah ini belum pernah teramati sebelumnya," kata laporan itu. 

Mereka menyimpulkan, kegiatan tersebut terkait persiapan untuk meluncurkan kapal selam.

Laporan itu muncul ketika Presiden AS Joe Biden dalam pidatonya di Majelis Umum PBB, Rabu (21/9/2022) menuduh Korut secara terang-terangan melanggar sanksi. Biden menyebut negara itu sebagai salah satu alasan untuk memperkuat upaya nonproliferasi nuklir internasional.

Tanda-tanda pertama yang ditangkap analis, setidaknya satu kapal selam baru sedang dibangun pada 2016. Pada 2019, media pemerintah menunjukkan pemimpin Korut Kim Jong Un memeriksa kapal selam yang sebelumnya tidak dilaporkan.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda