Korut Dihantam Wabah Covid, Korsel Ingin Tawarkan Bantuan

Ahmad Islamy Jamil ยท Minggu, 15 Mei 2022 - 18:13:00 WIB
Korut Dihantam Wabah Covid, Korsel Ingin Tawarkan Bantuan
Presiden Korsel, Yoon Suk Yeol, telah menawarkan untuk memasok Korea Utara dengan vaksin dan peralatan medis Covid-19. (Foto: Reuters)

SEOUL, iNews.idKorea Utara dilanda wabah Covid terparah dalam sejarahnya. Karena itu, Korea Selatan bermaksud untuk menawarkan bantuan kepada Pyongyang mengendalikan penyebaran penyakit tersebut.

Kantor berita Yonhap melaporkan, Korsel ingin mengadakan pembicaraan dengan Korut minggu depan. Tujuan pembicaraan itu untuk membahas langkah-langkah bantuan Covid-19 yang mungkin dapat ditawarkan Seoul untuk membantu Pyongyang mengatasi wabah tersebut.

“Pemerintah (Korsel) secara aktif mengkaji usulan secara resmi kepada Korea Utara untuk mengadakan pertemuan tingkat kerja pada awal minggu ini,” kata seorang pejabat senior Korsel yang tidak mau disebutkan namanya, Minggu (15/5/2022).

Dia mengungkapkan, proposal tersebut akan disampaikan secara resmi ke Pyongyang setelah Seoul melakukan konsultasi dengan kementerian terkait di Korsel.

Menurut Yonhap, Presiden Korea Selatan yang baru terpilih, Yoon Suk Yeol, pada Jumat (13/5/2022) lalu menawarkan untuk memasok Korea Utara dengan vaksin dan peralatan medis Covid-19.

Pyongyang mengumumkan gelombang pertama kasus Covid-19 di Korut pada Kamis (12/5/2022) lalu. Sampai Sabtu (14/5/2022) kemarin, kejadian infeksi virus corona di negara itu sudah lebih dari 820.000 kasus. Sebanyak di antaranya 496.000 telah sembuh dan total 42 meninggal dunia.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda