Korut Kembali Uji Coba Senjata, Tembakkan 2 Rudal Balistik Sekaligus Hari Ini

Ahmad Islamy Jamil ยท Senin, 17 Januari 2022 - 10:28:00 WIB
Korut Kembali Uji Coba Senjata, Tembakkan 2 Rudal Balistik Sekaligus Hari Ini
Uji coba rudal hipersonik yang dilakukan Korea Utara berlangsung dalam frekuensi yang tak biasa sepanjang bulan ini. (Foto: AP/KCNA)

PYONGYANG, iNews.idKorea Utara kembali menembakkan dua rudal balistik jarak pendek yang diduga berasal dari bandara di Ibu Kota Pyongyang pada Senin (17/1/2022). Ini adalah uji coba rudal keempat yang digelar Korut sepanjang bulan ini.

Peluncuran rudal oleh Pyongyang hari ini terungkap lewat laporan militer Korea Selatan. Pemerintah Jepang juga melaporkan uji coba senjata tersebut. Menteri Sekretaris Kabinet Jepang, Hirokazu Matsuno, mengutuk aktivitas Korut itu sebagai ancaman terhadap perdamaian dan keamanan kawasan di Asia Timur.

Dalam waktu kurang dari dua minggu, Korea Utara telah melakukan tiga uji coba rudal lainnya. Menurut Reuters, frekuensi peluncuran rudal Pyongyang itu tidak biasa. 

Dua di antara rudal yang telah diuji coba itu melibatkan “rudal hipersonik” tunggal yang mampu melesat dengan kecepatan tinggi dan bermanuver setelah peluncuran. Sementara, rudal yang diluncurkan pada Jumat (14/1/2022) melibatkan sepasang rudal balistik jarak pendek (SRBM) yang ditembakkan dari gerbong kereta.

Peluncuran pada Senin ini tampaknya melibatkan dua SRBM yang ditembakkan ke timur dari Pangkalan Udara Sunan di Pyongyang, ungkap Kepala Staf Gabungan Korsel dalam sebuah pernyataan.

Korut juga pernah menggunakan pengkalan tersebut untuk menguji coba rudal balistik jarak menengah (IRBM) Hwasong-12 pada 2017.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: