Korut Lakukan Uji Coba di Fasilitas Peluncuran Satelit Sohae

Anton Suhartono ยท Minggu, 08 Desember 2019 - 10:11 WIB
Korut Lakukan Uji Coba di Fasilitas Peluncuran Satelit Sohae

Fasilitas peluncuran satelit Sohae (Foto: AFP)

SEOUL, iNews.id - Korea Utara (Korut) melakukan uji coba di fasilitas peluncuran satelit Sohae, Sabtu (7/12/2019). Pengujian itu berlangsung di tengah kian menipisnya tenggat waktu yang diberikan Korut kepada Amerika Serikat (AS) terkait perjanjian pelucutan senjata nuklir.

Kantor berita KCNA melaporkan aktivitas itu merupakan pengujian sangat penting.

“Sebuah uji coba sangat penting dilakukan di Fasilitas Peluncuran Satelit Sohae pada 7 Desember 2019,” kata Juru Bicara Akademi Sains Nasional Korut, Minggu (8/12/2019).

Disebutkan, hasil dari uji coba terbaru ini akan memiliki efek penting dalam mengubah status Korut.

Namun Akademi Sains Nasional tak menjelaskan secara detail uji coba apa yang dilakukan.

Pemimpin Korut Kim Jong Un pada tahun lalu setuju untuk menutup fasilitas Sohae saat bertemu dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae In di Pyongyang, sebagai bagian dari langkah membangun kepercayaan kedua negara.

Pembicaraan nuklir Korut yang dilakukan Kim dengan Presiden AS Donald Trump sebanyak tiga kali yakni sejak Juni 2018 juga belum membuahkan hasil. Kedua pihak masih tetap pada pendirian masing-masing.

Korut ingin AS menarik sanksi terlebih dulu sebelum melucuti nuklirnya, sementara Negeri Paman Sam sebaliknya.

Kim memberi waktu bagi Trump hingga akhir tahun untuk mengubah sikapnya sehingga mereka bisa duduk satu meja lagi membahas denuklirisasi di Semenanjung Korea.

Namun sampai saat ini belum ada titik terang, bahkan kedua negara melontarkan pernyataan yang menambah ketegangan.

Pada Kamis, Wakil Menteri Luar Negeri Korut memperingatkan untuk kembali ke perang kata-kata dengan AS, mengancam untuk melanjutkan menyebut Trump sebagai "pikun", julukan yang pernah disampaikan saat puncak ketegangan kedua negara pada 2017.

Pernyataan itu disampaikan sehari setelah Korut memperingatkan jika AS menggunakan kekuatan militer terhada Korut, maka negara itu akan mengambil tindakan yang cepat dan sesuai pada di tingkat apa pun.


Editor : Anton Suhartono