Korut Perlihatkan Rudal Balistik Terbaru, Pakar Keamanan: Ini Monster!

Arif Budiwinarto ยท Minggu, 11 Oktober 2020 - 09:06:00 WIB
Korut Perlihatkan Rudal Balistik Terbaru, Pakar Keamanan: Ini Monster!
Rudal balistik antarbenua (ICBM) terbaru Korea Utara yang diperlihatkan pada parade militer, Sabtu (10/10/2020). (foto: AFP)

PYONGYANG, iNews.id - Persenjataan terbaru yang diperlihatkan Korea Utara dalam parade militer menyita perhatian dunia internasional. Pakar pertahanan dan militer takjub dengan apa yang dimiliki militer Korut.

Korea Utara menggelar parade militer di Lapangan Kim Il-sung, Pyongyang, Sabtu (10/10/2020) kemarin, sebagai rangkaian acara peringatan hari ulang tahun ke-75 Partai Buruh, partai berkuasa di negara itu.

Seperti yang sudah diprediksi sebelumnya, militer Korut untuk pertama kalinya menampilkan rudal balistik antarbenua yang diangkut menggunakan truk dengan 11 as roda.

Melissa Hanham, Deputy Director Open Nuclear Network, menyebut rudal itu sebagai salah satu jenis ICBM (Intercontinental ballistic missiles) terbesar di dunia jika nantinya resmi dioperasikan.

"Ini rudal monster"," kata Melissa dikutip dari Reuters, Minggu (11/10/2020).

Dalam parade tersebut, militer Korut juga memperlihatkan persenjataan rudal Hwangsong-15 yang merupakan rudah jarak jauh pernah diuji coba negara itu. Selain itu, nampak juga rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam (SLBM).

"Apa yang Korea Utara tunjukkan pada kita, apa yang nampak sebagai rudal bahan bakar cair ICBM baru merupakan turunan dari rudal yang pernah diuji pada akhir 2017, Hwangsong-15, lebih besar dan jelas lebih kuat dari senjata apapun yang dimiliki Korea Utara," ujar Harry Kazianis, Senior Director of Korean Studies di Washington DC.

Pemimpin Korut, Kim Jong Un menyatakan, negaranya akan terus memperkuat militer. Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan kemampuan persenjataan.

“Kami akan terus memperkuat militer kami untuk pertahanan diri dan pencegahan,” kata Kim dalam pidato yang disiarkan di televisi pemerintah, dikutip AFP.

Editor : Arif Budiwinarto

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda