Korut Tembakkan 2 Rudal Balistik Malam Ini, Tak Takut Ancaman Korsel-AS

Anton Suhartono ยท Kamis, 29 September 2022 - 20:59:00 WIB
Korut Tembakkan 2 Rudal Balistik Malam Ini, Tak Takut Ancaman Korsel-AS
Korut menembakkan dua rudal balistik pada Kamis (30/9) malam (Foto: KCNA via Reuters)

SEOUL, iNews.id - Korea Utara (Korut) menembakkan dua rudal balistik ke lepas pantai timur negara atau ke peraian Jepang, Kamis (30/9/2022). Peluncuran ini berlangsung saat Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris mengakhiri kunjungan ke Korea Selatan (Korsel). Padahal pada Rabu kemarin Korut juga meluncurkan dua rudal balistik jarak pendek, serta satu pada Minggu. 

"Militer Korea Selatan mendeteksi dua rudal balistik jarak pendek yang ditembakkan dari Sunchon, Provinsi Pyongan Selatan, menuju pantai timur antara pukul 20.48 dan 20.57. Di tengah pengawasan dan kewaspadaan yang ditingkatkan, militer kami tetap siaga penuh bekerja sama dengan AS," bunyi pernyataan Kepala Staf Gabungan Korsel, dikutip dari Reuters.

Peluncuran itu dilakukan saat Wakil Presiden AS Kamala Harris mengakhiri kunjungan ke Korea Selatan, di mana dia sangat kritis terhadap negara yang tertutup itu.

Belum ada penjelasan dari militer Korsel mengenai jarak yang ditempuh rudal serta ketinggian dan kecepatannya. Namun Menteri Pertahanan Jepang Hamada mengatakan, kedua rudal terbang pada ketinggian 50 km dengan jarak 300 km.

Korsel dan AS khawatir Korut melakukan uji coba nuklir dalam waktu dekat. Ini akan menjadi uji coba pertama sejak 2017 atau yang ketujuh sejak 2006. 

Anggota parlemen Korsel yang mendapat informasi dari intelijen mengatakan Korut telah menyelesaikan persiapan untuk menguji coba nuklir yang kemungkinan berlangsung 16 Oktober dan 7 November.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda